5 Cara Mudah dan Praktis Cuci Helm Motor di Rumah
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 6 November 2023 11:57 WIB
Perawatan helm pengendara. (Foto: BMW Motorrad)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mencuci helm di rumah selain bisa menghemat biaya, manfaat lainnya yang tidak kalah penting adalah dapat memastikan helm telah dicuci dengan bersih.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pasalnya helm yang jarang dicuci adalah tempat yang disukai oleh bakteri hingga virus. Aktivitas di luar ruangan menyebabkan debu mudah sekali menempel pada helm.

Karena itulah banyak pengendara motor mengeluhkan mengalami gatal atau iritasi pada kulit, leher, atau kepala. Berikut cara mudah mencuci helm di rumah dikutip dari laman resmi Suzuki, Senin, 6 November 2023.

1. Bersihkan Bagian Kaca Helm

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan bagian kaca helm. Untuk mempermudah proses membersihkan kaca, terlebih dahulu Anda harus melepas kaca helm (visor). Membersihkan kaca helm yang tidak dilepas bisa membuat kaca helm tidak bersih maksimal.

Apabila helm Anda memiliki busa maka bisa melepas busa ini setelah Anda melepas kaca helm. Namun jangan melepas busa apabila helm Anda tidak dilengkapi dengan sistem “removable padding”.

Melepas busa yang tidak memiliki sistem tersebut malah akan membuat helm rusak.

2. Rendam Busa, Lalu Cuci Dilanjutkan Dengan Menjemur

Setelah proses pembersihan kaca dan busa telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencuci busa helm. Cuci busa menggunakan air sabun.

Agar kotoran di bagian busa bisa dibersihkan lebih mudah Anda perlu merendam busa menggunakan air sabun selama kurang lebih 30 menit.

Saat proses perendaman sudah selesai, bisa langsung menyikat busa helm menggunakan sikat yang lembut. Bulu sikat yang lembut penting digunakan agar busa tidak rusak sehingga awet digunakan. Pastikan untuk membilas busa setelah selesai menyikat busa.

Selanjutnya, kembali merendam busa menggunakan pewangi pakaian. Rendam selama 10 menit. Perendaman dilakukan agar ketika helm sudah dipakai kembali tidak cepat mengeluarkan bau apek.

Apabila perendaman dengan pewangi sudah selesai, peras busa dengan perlahan agar tidak rusak lalu segera jemur di bawah sinar matahari. Pastikan menjemur busa di sinar matahari yang terik agar busa bisa kering menyeluruh.

3. Bersihkan Kaca Kemudian Cuci Bagian Luar Helm

Ambil lap bersih lalu Anda bisa menyeka bagian luar helm menggunakan lap tersebut. Gunakan kain lap yang lembut agar kaca tidak mengalami goresan. Meski sepele, goresan dapat membuat tampilan kaca helm Anda menjadi kurang indah.

Apabila kaca helm telah bersih maksimal, gunakan wax untuk membersihkan kaca helm. Wax bermanfaat untuk membuat kaca kembali bening. Selanjutnya Anda bisa berpindah untuk membersihkan bagian luar helm.

Tidak seperti saat membersihkan bagian kaca dan busa, bagian luar helm lebih mudah saat dibersihkan. Hanya cukup mencuci bagian luar helm dengan air bersih. Air bersih saja sudah cukup untuk mencuci bagian luar helm agar cat dan stiker pada helm tidak mengelupas.

Jika sudah kering, oleskan wax pada bagian luar helm agar kembali mengkilap. Dalam hal ini, dapat menggunakan merk wax yang disukai.

4. Lakukan Pemasangan Ulang

Setelah proses pencucian di atas selesai dan semua ornamen dipastikan telah kering, selanjutnya Anda dapat melakukan pemasangan setiap bagian helm. Pasang dengan hati-hati agar tidak ada bagian yang lecet apalagi rusak.

Pastikan pula setiap bagian telah terpasang dengan baik, dan jangan sampai ada bagian yang terlewat tidak Anda pasang. Jadi, pastikan Anda memasang seluruh ornamen dan padding dengan tepat.

5. Semprot Helm Menggunakan Pewangi

Setelah seluruh proses di atas selesai, langkah terakhir untuk melakukan pencucian helm adalah memberikan pewangi. Pilih pewangi yang mengandung anti kuman (desinfektan) supaya selain bisa meminimalisir bau juga bisa membunuh kuman yang menempel pada busa helm.

Pilih wewangian yang segar dan cepat meresap. Jangan menggunakan wewangian dengan tekstur yang sulit meresap karena akan membuat busa helm semakin lembab. Jika perlu, bisa kembali mengeringkan helm sebentar setelah disemprot dengan wewangian.

Pilihan Editor: 5 Tips Merawat Helm Motor saat Musim Panas

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi