Jokowi Tertarik Olah Rumput Laut Jadi BBM Bioetanol
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 7 November 2023 13:00 WIB
Petugas melayani konsumen yang mengisi bahan bakar pada SPBU di Jakarta, Senin, 2 Oktober 2023. PT Pertamina (Persero) resmi melakukan penyesuaian harga BBM non-subsidi pada 1 Oktober 2023 untuk jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Pertamax Green 95. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berniat memanfaatkan rumput laut sebagai bahan dasar bioetanol. Artinya tumbuhan yang berada di bawah air tersebut akan menjadi alternatif kedua setelah tebu sebagai campuran bahan bakar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jokowi menyebut Indonesia punya produk kelautan yang melimpah. Oleh karenanya dapat dimanfaatkan sebagai alternatif campuran bahan bakar.

"Produk-produk kelautan banyak sekali, sekarang mungkin ke depan yang akan kita ramaikan itu rumput laut. Karena tidak hanya untuk urusan farmasi, kecantikan, rumput laut juga bisa dipakai untuk membuat bioetanol," ujar Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Diketahui, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil rumput laut terbesar di dunia. Saat ini tumbuhan laut tersebut juga diekspor ke sejumlah negara, dan diolah di dalam negeri hanya untuk produk makanan, dan kecantikan.

"Sekarang kita baru capai 10,2 juta ton dan masih diekspor mentahan yang cuma dibuat tepung agar-agar, kenapa kita tidak larikan ke bioetanol? Dan ini yang saya senang kalau rumput laut dikerjakan, yang bisa dapat di atasnya dapat, tengah dapat, rakyat di pesisir dapat semuanya," tambah Jokowi.

Selain tebu, dan rumput laut, di beberapa negara seperti halnya Brasil memanfaatkan jagung sebagai bahan baku bioetanol. Merangkum beberapa sumber, etanol bisa dihasilkan dari sejumlah tumbuhan yang memiliki kandungan gula, selain dijadikan bahan bakar, juga menjadi minuman beralkohol.

Cara tersebut dinilai mampu menekan emisi yang dihasilkan secara utuh dari bahan dasar minyak fosil, serta menekan impor bahan bakar minyak.

Pilihan Editor: Pana Oil Indonesia Berikan Edukasi Pengguna Biodiesel B35

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi