Formula 1: Mercedes dan Petronas Jalin Kemitraan Bahan Bakar Berkelanjutan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 29 September 2022 15:59 WIB
Mercedes-AMG Petronas memperkenalkan mobil balapnya untuk F1 musim 2022 yakni Mercedes F1 W13 E. Mobil tersebut akan digunakan oleh Lewis Hamilton dan George Russell. f1.com

GOOTO.COM, Jakarta - Tim pabrikan Mercedes dan Petronas telah menjalin kemitraan untuk penggunaan bahan bakar berkelanjutan di ajang Formula 1. Nantinya kerja sama ini baru akan dimulai pada tahun 2026 mendatang.

Petronas sendiri telah menjadi sponsor Mercedes sejak 2010 silam. Kini perusahaan minyak tersebut bakal mengembangkan bahan bakar berkelanjutan untuk memasok mobil balap Mercedes di Formula 1 beberapa tahun mendatang.

“Hari ini kami melakukan sesuatu yang sedikit tidak biasa, mengumumkan kemitraan yang akan dimulai dalam waktu empat tahun. Ini mengirimkan pesan penting, tim kami dan Petronas bukan lagi hanya mitra, kami adalah keluarga, dan kami akan menjadi satu tim untuk tahun-tahun mendatang,” kata bos Mercedes, Toto Wolff, dikutip dari laman resmi F1.

“Mulai tahun 2026, bahan bakar berkelanjutan yang canggih akan menjadi inti dari kinerja F1, dan ini memberi kami kesempatan luar biasa untuk menunjukkan keahlian kami di bidang ini, baik melalui unit daya dan Solusi Teknologi Fluida Petronas,” tambah dia.

Lebih lanjut Toto Wolff mengaku bersemangat setelah menjalin kerja sama dengan Petronas. Karena menurutnya, kemitraan ini menjadi pelopor transisi tim olahraga global ke masa depan yang lebih bersih.

Sekedar informasi, pada musim 2026 mendatang, unit daya Formula 1 tidak hanya menggunakan bahan bakar berkelanjutan 100 persen. Akan tetapi F1 juga menggunakan tiga kali daya listrik dan jauh lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

“Kami sudah berada di jalur yang tepat dengan pengembangan greenfield biorefinery dan co-processing di fasilitas kami untuk memasok bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF) sebagai opsi yang lebih bersih,” kata CEO Petronas Hilir, Datuk Sazali, masih dikutip situs resmi F1.

Baca Juga: Kurir Pos Indonesia Bakal Gunakan Kendaraan Listrik

FORMULA 1

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Mercedes
#Petronas
#Formula 1
#Bahan Bakar
#F1

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi