Vettel Rebut Posisi Terdepan di Turki
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 6 Juni 2009 21:15 WIB
TEMPO Interaktif, Istanbul: Sebastian Vettel sukses meraih pole position dalam sesi kualifikasi Formula 1 pada seri Grand Prix Turki, di sirkuit Istanbul, Sabtu (6/6). Pada babak kualifikasi tersebut, Vettel mencatat waktu tercepat 1 menit dan 28,316 detik untuk satu putaran. Ini adalah raihan pole position ketiga sepanjang karir pembalap berusia 21 tahun itu. Balapan di Istanbul akan dilangsungkan Minggu (7/6).

“Akhirnya kami berhasil, dua balapan sebelumnya kami berusaha sangat keras dan kini saya ada di depan mobil putih (Brawn GP) itu,” kata Vettel. Pembalap asal Jerman itu sukses mengungguli Pembalap Brawn GP, Jenson Button, yang kini menempati posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 28,421 detik.

Sedangkan rekan satu tim Button, Rubens Barrichello berada di urutan ketiga disusul oleh pembalap dari tim Red Bull, Mark Webber.

Vettel mengatakan timnya punya peluang bagus untuk menang balapan di Turki. Pembalap yang meraih pole position di sirkuit Istanbul yang masuk kalender Formula 1 sejak 2005 selalu menjadi juara.

“Kami punya peluang dan mobil yang bagus di sini, kualifikasi tidak mudah tapi kami berhasil,” kata Vettel yang meraih dua kemenangan setelah ia berhasil menempati pole position.

Sedangkan Button kini mengejar gelar keenamnya sepanjang musim ini. Ia telah lima kali juara dari enam seri balapan yang diikuti. “Seperti yang anda lihat, pembalap yang ada di pole pernah jadi juara, saya akan berusaha dan membuat perubahan pada balapan nanti,” kata Button.

Bos tim Brawn, Ross Brawn, tenang-tenang saja menghadapi posisi pembalapnya. “Jujur saja kami lebih suka jika mendapat pole position, tapi (hasil) ini menarik dan kita akan lihat hasilnya nanti,” kata Brawn.

Pembalap asal Italia Jarno Trulli dari tim Toyota menempati urutan kelima. Pembalap tim Ferrari Kimi Raikkonen berada di tempat keenam disusul oleh rekan satu timnya, Felipe Massa di urutan ketujuh.

Pembalap dari tim Renault, Fernando Alonso harus puas berada di posisi delapan. Sedangkan juara musim lalu, Lewis Hamilton, mengalami sedikit masalah pada kendaraannya di sesi kualifikasi dan terpaksa memulai lomba di urutan ke 16.

REUTERS/GABRIEL WAHYU TITIYOGA

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi