Rayakan 30 Tahun, KTM 1390 Super Duke R Meluncur dengan Performa Lebih Bertenaga
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 5 Desember 2023 08:14 WIB
KTM 1390 Super Duke R Evo suguhkan tenaga 190 hp dan torsi 145 Nm. (Foto: KTM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaKTM 1390 Super Duke R dan KTM 1390 Super Duke R Evo menjadi suguhan terbaru motor versi non-fairing. Diklaim, tahun 2024 akan menjadi 30 tahun hadirnya KTM Duke dan menjadi motor terbuas tanpa lawan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengendara yang menuntut performa akan disuguhkan mesin berkapasitas 1.350 cc bertenaga hingga 190 hp yang didapat dari putaran mesin 10.000 rpm dan torsinya 145 Nm pada 8.000 rpm.

Pada tahun 2024, KTM 1390 Super Duke R dan KTM 1390 Super Duke R Evo telah mengalami evolusi aposematik yang mencolok, mengirimkan pesan peringatan yang jelas kepada siapa pun yang cukup berani untuk menghadapinya. Unit baru lampu depan LED mendominasi, dengan spoiler tangki baru dan tambahan winglet yang menandakan bahwa mobil ini tidak boleh dipusingkan. 

KTM 1390 Super Duke R Evo. (Foto: KTM)

Penutup subframe yang semakin diperkecil menghilangkan lampu rem sehingga menghasilkan tampilan dan pengalaman berkendara yang lebih tajam dan murni. Dengan profil keseluruhan yang lebih rendah dan penekanan lebih pada sasis kompak, KTM 1390 Super Duke R terlihat lebih berotot dan agresif dari sebelumnya. Singkat kata, KTM menaikkan sikapnya, dengan menurunkan ketinggian.

Asupan udara dan kotak udara yang didesain ulang memperlihatkan tangki bahan bakar yang direvisi dengan kapasitas tangki keseluruhan 17,5 liter, meningkat 1,5 liter dibandingkan pendahulunya. Ini tidak hanya membutuhkan jarak berkendara hingga sekitar 300 km tetapi juga menjalankan fungsi ergonomis yang penting. 

Dalam perburuan bobot ringan, setiap panel telah dihitung untuk ketebalan optimal dan diminimalkan jika memungkinkan, dengan spoiler tangki baru dan tambahan winglet yang meningkatkan downforce.

Namun, desain lampu depan yang ringan dan 'pintar' yang memberikan dampak visual terbesar. Dengan berat hampir 700 g lebih ringan dari unit sebelumnya, dan memiliki desain mirip alien, unit ini menambahkan kesan agresif baru pada KTM 1390 Super Duke R. Posisi dan lampu DUKE R terletak di profil lampu depan, yang secara otomatis menyesuaikan intensitasnya sesuai dengan kondisi cahaya sekitar berkat sensor cahaya yang terintegrasi ke dalam dasbor.

KTM 1390 Super Duke R Evo miliki akselerasi kuat dari mesin 1.350 cc. (Foto: KTM)

Selain itu, KTM 1390 Super Duke R dan KTM 1390 Super Duke R EVO dilengkapi dengan fungsi lampu Coming Home sebagai standar. Di sini, lampu depan akan tetap menyala setelah kunci kontak dimatikan untuk visibilitas lingkungan yang lebih baik. Hal ini tidak hanya menerangi lingkungan sekitar tetapi memberikan tingkat keamanan saat parkir di area gelap.

Motor ganas ini membutuhkan jantung yang besar untuk mengimbangi postur berototnya. Menawarkan versi terbaru dari LC8, yang selanjutnya menandai wilayahnya sebagai alfa. Lubangnya ditingkatkan menjadi 110 mm untuk mencapai mesin 1.350 cc, dengan cam shift terbaru yang terintegrasi di kepala silinder. Hal ini memberikan lebih banyak tenaga dan torsi di seluruh rentang rpm dan memungkinkan mapping bahan bakar yang lebih berbeda untuk memenuhi peraturan emisi EURO 5+ terbaru.

Tenaga tersebut dapat disalurkan berkat ban Michelin Power GP baru yang ringan dengan teknologi kompon ganda, serta peredam kejut WP APEX baru yang dapat disetel sepenuhnya, memungkinkan penyesuaian kecepatan tinggi dan rendah secara terpisah, pantulan, dan pra-pengaturan tanpa alat. penyesuaian beban. 

KTM 1390 Super Duke R Evo miliki pengendalian terbaik di kelasnya. (Foto: KTM)

Pengaturan DCC yang ditingkatkan memberikan keseimbangan tekanan yang lebih baik sehingga mengurangi kompromi antara kenyamanan dan kinerja suspensi, sementara garpu WP APEX Open Cartridge 48 mm baru dengan fungsi split memberikan pengaturan yang dioptimalkan.

Di KTM 1390 Super Duke R EVO, manajemen suspensi dibawa ke level baru dengan WP Semi-Active Technology (SAT) generasi terbaru. Sebagai sistem suspensi tercanggih di pasaran, sistem ini dilengkapi katup magnetik yang dikontrol secara elektronik untuk peredaman variabel, memberikan beragam penyesuaian – mulai dari kenyamanan maksimum hingga kekakuan yang siap di lintasan.

Di sini, SCU (Suspension Control Unit) mengadaptasi tingkat redaman melalui katup magnetik secara real-time, membaca permukaan jalan dan gaya pengendara untuk secara otomatis menyesuaikan suspensi dengan cepat.

Pesta teknologi tidak berakhir di situ, baik KTM 1390 Super Duke R dan KTM 1390 Super Duke R Evo memulai debutnya dengan PERFORMANCE dan TRACK MODES yang diperbarui, lengkap dengan pengatur waktu putaran dan statistik telemetri, serta ENGINE BRAKE CONTROL opsional dan SUSPENSI PRO yang diperbarui. Modul PRO untuk KTM 1390 Super Duke R Evo. 

Pilihan Editor: PiperMoto Bikin Motor Matik Bermesin KTM Duke 690

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi