Hyundai Ioniq 5 Bisa Bergerak Bebas Tanpa Radius Putar
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 16 Januari 2024 07:08 WIB
Hyundai Mobion, roda secarea independen dapat bergerak untuk membuat mobil berputar atau bergeser ke samping atau diagonal. (Foto: Istimewa)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHyundai menghadirkan terobosan dalam manuver kendaraan yang diberi nama Hyundai Mobion. Mengambil basis dari Hyundai Ioniq 5 dan dimodifikasi oleh Mobis salah satu anak perusahaan Hyundai. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun Hyundai Mobion ini mampu melakukan manuver berputar tanpa perlu radius putar, bahkan bisa bergeser ke samping layaknya hewan kepiting. Memudahkan pengendara berpindah jalur di parkir yang sempit, Hyundai menyebutnya e-Corner System.

Di mana pada umumnya mobil listrik memerlukan satu atau dua motor untuk menggerakkan rodanya. Namun untuk Mobion ini secara independen terdapat motor listrik di bagian hub yang memutar roda.

“Teknologi In-Wheel melibatkan penempatan empat motor kecil di dalam setiap roda, dibandingkan dengan satu motor penggerak besar yang biasa digunakan pada kendaraan listrik,” ujar Vice President Lee Young-kook, the Head of Electrification Lab.

“Konfigurasi ini memungkinkan setiap roda untuk meregenerasi tenaganya secara independen,” tambah Lee Young-kook.

Hyundai Mobion juga dilengkapi serangkaian teknologi mengemudi otonom termasuk tiga perangkat LiDar – satu perangkat kecil di setiap lampu depan dan satu lagi perangkat besar di tengah. 

Hyundai menganggap ini bagus untuk pergerakan lateral dan bahkan perpindahan jalur diagonal yang aman pada kecepatan jalan raya.

Ada juga serangkaian lampu yang memiliki berbagai fungsi tampilan, termasuk memberi informasi dan peringatan kepada pengemudi dan pejalan kaki di sekitar. Ada juga teknologi memproyeksi tanah yang dapat menunjukkan kemana mobil akan bergerak saat menggunakan sistem e-Corner. Ia bahkan dapat memproyeksikan garis penyeberangan di bawah pejalan kaki ketika mereka menyeberang jalan di depan Mobion. 

“Mobion menunjukkan kemampuan terbaik dari Hyundai Mobis, yang mana akan siap untuk menjadi produksi massal,” ujar Vice President Lee Seung-Hwan, the Head of Advanced Engineering at Hyundai Mobis.

Pilihan Editor: Hyundai Ioniq 5 Disney100 Platinum Concept, Khusus Penggemar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi