Hyundai Ioniq 5 Kini Sematkan Teknologi Bluelink, Ini Harga Lengkapnya
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 13 September 2023 18:56 WIB
Hyundai Ioniq 5 Bluelink, mempermudah penggunaan dari jarak jauh. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMemberikan kendaraan yang lebih baik kepada konsumen, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pada hari Rabu, 13 September 2023, memberikan peningkatan fitur untuk Hyundai Ioniq 5 berupa tambahan Hyundai Bluelink.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ditawarkan dengan empat pilihan Hyundai Ioniq 5 Bluelink yakni Ioniq 5 Bluelink Prime Standard Range dibanderol Rp759 juta, Ioniq 5 Bluelink Prime Long Range: harganya Rp800 juta. Kemudian Ioniq 5 Bluelink Signature Standard Range harganya Rp820 juta, dan Ioniq 5 Bluelink Signature Long Range mencapai Rp870juta.

Hyundai Ioniq 5 Bluelink masih memakai platform yang sama dengan versi sebelumnya yakni Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Memungkinan Ioniq 5 menggunakan kapasitas baterai besar 58 kWh untuk Standard Range dan 72,6 kWh untuk Long Range.

Hyundai Ioniq 5 Bluelink. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)

Hadirnya teknologi Hyundai Bluelink di Ioniq 5 membuat pengalaman berkendara semakin nyaman dan aman meliputi personalisasi kendaraan, kontrol jarak jauh, pengelolaan pengisian daya, hingga update fitur navigasi. 

“Hyundai berkomitmen untuk terus mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan menghadirkan pengalaman mobilitas masa depan melalui Electric Vehicle (EV) bagi masyarakat luas,” ujar Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia. 

Dirinya menambahkan, “Kami juga terus berupaya menghadirkan inovasi dan teknologi terkini yang memberikan manfaat lebih bagi konsumen. Kehadiran Hyundai Bluelink di Ioniq 5 diharapkan akan semakin memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan berkendara yang lebih lengkap bagi konsumen.” 

Teknologi E-GMP juga memungkinkan Ioniq 5 memiliki fitur-fitur canggih dan inovatif, salah satunya adalah Vehicle-to-Load (V2L) yang memungkinkan pengguna menyalakan perangkat elektronik apa pun langsung dari kendaraan. 

Hyundai Bluelink di Ioniq 5 hadir dengan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna melakukan kendali jarak jauh pada berbagai fungsi kendaraan. Salah satunya adalah fitur Remote Start & Stop Climate Control untuk menyalakan, mematikan, serta mengatur suhu (climate) di dalam kabin langsung dari aplikasi. 

Hyundai Bluelink juga memungkinkan pengguna menjadwalkan pengaturan climate control dan pengisian daya langsung melalui aplikasi sehingga fungsi tersebut dapat berjalan otomatis pada waktu yang telah ditentukan. 

Untuk pengisian daya yang lebih seamless, kini pengguna bisa membuka dan menutup pintu pengisian daya langsung dari aplikasi Hyundai Bluelink dengan fitur Remote Open & Close Charging Door. Pengguna juga dapat memulai dan menghentikan pengisian daya langsung dari aplikasi Hyundai Bluelink melalui fitur Remote Start & Stop Charging.

Lebih lanjut, ada pula fitur EV Service yang memungkinkan pengguna mengatur batas pengisian daya, mengatur notifikasi sebelum pengisian daya selesai, dan memonitor konsumsi energi yang digunakan. 

Hyundai Ioniq 5 Bluelink kini sudah terintegrasi dengan navigasi. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)

Hadirnya Hyundai Bluelink pada Ioniq 5 memungkinkan penggunanya untuk memantau status kendaraan dengan lebih baik. Melalui fitur Charging Status, pengguna bisa melihat dan memantau berbagai indikator seperti Charging Port Connection Status, Battery Level, Scheduled Charging On/Off, Scheduled Climate Control On/Off, dan Charging Door Open/Close.

Khusus untuk Charging Port Connection Status, pengguna akan menemukan tampilan lima status dari port pengisian daya, yaitu Not Plugged In, Plugged In, Fast Charging, Standard Charging, atau Waiting for Schedule. Masing-masing indikator akan memudahkan pengguna untuk memastikan apakah charger gun sudah terpasang dengan baik, melihat teknologi pengisian daya yang digunakan, hingga memastikan penjadwalan pengisian daya. 

Selain itu, aplikasi Hyundai Bluelink untuk Ioniq 5 kini juga sudah menyediakan informasi Odometer kendaraan. Jadi, pemilik dapat memeriksa informasi jarak tempuh kendaraan kapan pun dan di mana pun yang juga dapat menjadi pengingat untuk melakukan servis berkala. Semua fitur yang disebutkan di atas dapat pengguna lihat pada menu Status di aplikasi Hyundai Bluelink. 

Hyundai ingin memastikan Ioniq 5 dapat menjadi kendaraan yang diandalkan untuk bepergian di segala kondisi. Karenanya, Ioniq 5 dengan Hyundai Bluelink juga dilengkapi fitur navigasi yang lebih lengkap. Salah satunya Search Nearby kini memungkinkan pengguna untuk mengetahui lebih banyak point of interest (POI), meliputi Nearby Eat & Drink, Nearby Charging Station, Nearby Parking, dan Nearby Shopping. Informasi petunjuk arah ke lokasi POI tersebut juga terintegrasi dengan fitur Send to Car sehingga pengguna bisa mengirim lokasi POI yang ingin dituju dari aplikasi ke kendaraan. 

Pengguna juga dapat melihat seberapa jauh jarak yang dapat ditempuh kendaraan berdasarkan kapasitas baterai yang tersedia melalui fitur menampilkan dua lingkaran yang masing-masing menunjukkan radius jarak yang dapat ditempuh menggunakan 80% dan 100% dari kapasitas baterai yang tersedia. Ada juga fitur Previous Destinations yang akan memberi pengguna info seputar lokasi yang sempat dikunjungi sebelumnya untuk memudahkan pengguna mengunjungi kembali lokasi-lokasi EV Driving Range. Fitur ini yang masih kurang familiar. 

Pilihan Editor: Hyundai akan Punya 52 Stasiun Pengisian EV di Lippo Malls Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi