Ducati Corse Off-Road Team Perkenalkan Desmo450 MX
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 23 Januari 2024 19:46 WIB
Paolo Ciabatti, General Manager, Ducati Corse Off-Road bersama crosser MX. (Foto: Ducati)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPerkenalan Ducati Corse Off-Road team, salah satu brand knalpot sudah mengajukan kolaborasi yakni Akrapovic. Perusahaan Slovenia ini secara resmi menjadi pemasok tunggal pipa gas buang untuk mesin yang dikembangkan Ducati Corse.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akrapovic memiliki ikatan yang kuat dengan Ducati Corse, dan kemitraan ini menyaksikan pembalap Ducati Francesco Bagnaia (MotoGP), Álvaro Bautista (WorldSBK), dan Nicolò Bulega (WorldSSP) memenangkan gelar kejuaraan dunia 2023 dengan menggunakan knalpot Akrapovi. 

Sebagai bagian dari persiapan mempertahankan gelar tersebut musim ini, presentasi resmi Tim Ducati Lenovo 2024 dan tim Aruba.it Racing – Ducati digelar di ajang Campioni in Pista 2024 di Madonna di Campiglio, Italia.

Pada peluncuran bergengsi inilah tim Ducati Corse Off-Road juga mengumumkan rencananya untuk musim mendatang, termasuk bahwa tim akan menggunakan sistem pembuangan Akrapovic. 

Program Ducati Corse Off-Road telah bekerja secara intensif pada prototipe 450, dengan sembilan kali Juara Dunia MX Antonio Cairoli baru-baru ini bergabung dengan tim sebagai pebalap penguji performa tinggi untuk menerapkan bakat, kecepatan, dan pengalamannya untuk memberikan masukan penting dan arah pengembangan sepeda motor baru. 

Motor ini akan dilengkapi dengan knalpot Akrapovic yang serba baru dan akan memulai debutnya di Kejuaraan Motocross Italia 2024. Alessandro Lupino, Juara Italia delapan kali dan pemenang MXoN 2021, akan hadir untuk memvalidasi solusi teknis dan pengembangan motor dalam tuntutan lingkungan balap. 

Perkenalan Ducati Corse Off-Road team, salah satu brand knalpot sudah mengajukan kolaborasi yakni Akrapovic. (Foto: Ducati)

Divisi off-road baru dari Ducati Corse akan menangani manajemen dan organisasi program olahraga pabrikan yang berbasis di Bologna, yang akan berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia MXGP dan Kejuaraan AMA Supercross dalam beberapa tahun ke depan. Dengan penekanan pada performa tinggi, ringan, dan komponen yang dapat didorong secara ekstrim, dengan mesin yang menyuplai kurva penyaluran tenaga yang luas, prototipe Ducati Desmo450 MX akan menggunakan sistem pembuangan Akrapovic yang dirancang khusus untuk sepeda motor yang memenuhi kriteria tersebut.

Penggunaan titanium yang ringan dan desain yang tahan lama akan memastikan sistem ini memenuhi tuntutan berat balap off-road. Knalpot yang dipesan khusus ini telah dikembangkan melalui kerja sama yang erat antara para insinyur Ducati Corse dan Akrapovic untuk mengoptimalkan karakter mesin unik Ducati, sekaligus memastikan knalpot tersebut mematuhi peraturan kebisingan FIM.

Paolo Ciabatti, General Manager, Ducati Corse Off-Road mengatakan, “Kami sangat senang telah memperluas hubungan jangka panjang dan sukses Ducati Corse dengan knalpot Akrapovic juga ke program off-road baru kami yang menarik. Pengalaman mereka dalam pengembangan titanium performa tinggi sistem pembuangan sangat bermanfaat bagi kami, juga mengingat tuntutan peraturan kebisingan FIM di masa depan, yang berlaku mulai tahun 2025.”

Pilihan Editor: MotoGP 2024: Marc Marquez Mulai Atur Strategi Kalahkan Senior Ducati

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi