First Impression Honda Stylo 160
Reporter: Dimas Prassetyo
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 3 Februari 2024 08:54 WIB
Tim Gooto mencoba kelincahan Honda Stylo 160 di fasilitas Honda. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPasca peluncuran Honda Stylo 160 di AHM Safety Riding And Training Center Cikarang, Jawa Barat, Jumat, 2 Februari, 2024, para jurnalis, termasuk tim Gooto yang hadir mendapat kesempatan merasakan pengendalian motor seharga mulai dari Rp 27 jutaan tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai informasi sekilas mengenai motor baru Honda Stylo 160, dibekali mesin silinder tunggal 156,9 cc, 4 katup berpendingin cairan eSP+ yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 15,1 hp pada 8.500 rpm dan torsinya 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Motor baru ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 5L dan ruang penyimpanan 16,5L.

Honda Stylo 160 Royal Green gunakan layar digital di panel instrumen. (Foto: Honda)

Untuk speedometer Honda Stylo 160 dilengkapi dengan panel meter digital. Lalu terdapat USB port, sistem pencahayaan sudah didukung LED DRL dan sistem keamanannya dilengkapi dengan Smart Key system. 

Pengendara memiliki tinggi badan 172 cm, bisa menapakkan kaki dengan sempurna. Karena Honda Stylo punya ground clearance 151 mm dengan jarak sumbu roda sebesar 1.275 mm serta ketinggian jok 768 mm dan bodi di antara sela paha tidak terlalu lebar ke samping, memberikan sensasi kenyamanan saat berkendara. Hanya saja, di bagian jok tidak terlalu empuk. 

Honda Stylo 160 Royal Green. (Foto: Honda)

Secara riding position Honda Stylo 160 bisa dibilang nyaman, karena tidak terlalu tinggi layaknya scooter Italia. Posisi kemudi juga tidak terlalu tinggi, jadi posisi stang dengan siku tangan sejajar.

Pada bagian pijakan kaki dibuat lumayan panjang, sehingga membuat posisi kaki mudah untuk bergerak dengan leluasa. bila dibandingkan dengan Vario 160 yang memiliki ruang kaki yang sempit.

Berbicara handlingnya, New Honda Stylo ini mirip seperti motor skutik Honda lainnya yang memakai rangka eSAF. Terbukti pada saat pengendara melakukan manuver di jalan berkelok terasa ringan dan tidak membanting pada saat jalanan berkelok/menikung. Bagian suspensi depan dan belakang lumayan nyaman, tidak terlalu keras.

Honda Stylo 160 Royal Green sediakan bagasi hingga 16,5 liter, dan tangki bensin 5 liter. (Foto: Honda)

Saat diajak berbelok untuk mengetahui sudut kelincahan Honda Stylo 160, bagian siku pengendara tidak menyentuh lutut. Menjadikan motor bisa bergerak terkendali.

Pengendara menjajal di lintasan lurus, untuk dapur pacunya Honda Stylo melihat data kompresinya cukup tinggi yakni 12:1 yang menghasilkan performa cukup memuaskan di kelasnya. Memberikan kepercayaan diri untuk berakselerasi, terutama di kepadatan kota.

Memerhatikan layar panel instrumen digital di batang kemudi. Kecepatan motor, bahan bakar, jam, trip A dan B, masih bisa terpantau cukup baik di cuaca terik.

Bila ingin berkendara efisien ada panduannya berupa bar yang bergerak mengikuti grip gas dibuka tutup, serta tertera konsumsi sementara bahan bakarnya.

Honda Stylo 160 Royal Green gunakan rem cakram. (Foto: Honda)

Melakukan pengereman lebih percaya diri, karena untuk Honda Stylo 160 ABS sudah terdapat rem cakram depan dan belakang. 

Melirik bagian bagasi jok, motor skutik retro modern ini memiliki bagasi 2 liter lebih kecil ketimbang Vario 160. Jadi bagi pengendara tidak bisa menaruh banyak barang bila digabungkan dengan helm. 

Sebagai motor matik fashion bergaya retro-modern, Honda Stylo 160 menawarkan penampilan yang cukup mengundang decak kagum, mesin yang sudah terbukti andal 160 cc, dan memakai rangka eSAF yang sudah disempurnakan. 

Adapun Honda Stylo 160 dipasarkan dengan dua tipe yakni ABS dan CBS dengan total 6 varian warna yang modis. Tipe ABS dipasarkan Rp 30.425.000 (On the road Jakarta) ini tersedia dalam 3 warna yaitu Royal Green, Royal Matte Black dan Royal Matte White.

Di tipe CBS dipasarkan dengan harga Rp 27.550.000 (on the road Jakarta), tersedia dalam 3 warna juga yaitu Glam Red, Glam Black dan Glam Beige.

Pilihan Editor: Penasaran Spesifikasi Lengkap Honda Stylo 160, Cek di Sini!

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi