Test Drive Mobil Listrik BYD Atto 3 Jakarta-Bandung, Simak Konsumsi Daya Baterainya
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 9 Februari 2024 07:11 WIB
test drive BYD Atto 3 Jakarta-Bandung. (Foto: BYD)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBYD Atto 3 menjadi salah satu pilihan menarik di kelas SUV listrik. Model ini bersaing dengan sesama mobil listrik asal Cina, MG 4 EV dan Omoda E5. Dua rival ini masing-masing dijual dengan harga Rp 433 juta dan Rp 498 jutaan. Sedangkan harga Atto 3 akan diumumkan bertepatan dengan pembukaan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 15 Februari 2024. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Atto 3 memiliki dimensi panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.615 mm, dengan jarak sumburoda 2.720 mm. Menjadikan Atto 3 yang terbesar di kelasnya. 

Kabin BYD Atto 3. (Foto: BYD)

Atto 3 ini memberikan sambutan kenyamanan ketika mengaksesnya. Posisi duduk mudah didapat berkat setelan elektrik, sementara untuk lingkar kemudi disetel teleskopik dan tilt. Sehingga pengendara bisa mendapat sudut berkendara yang baik.

Layar besar di dasbor model floating oleh desainer BYD dipasangkan ukuran 15,6 inci, bahkan bisa dipilih untuk tampilan horizontal atau vertikal. Desain unik lainnya dijumpai layaknya berada di sebuah pusat olahraga. Karena tuas transmisi seperti pegangan dumbell, kisi-kisi AC seperti jajaran kepingan barbel, lekukan dasbor maskulin seperti otot, armrest balutannya seperti permukaan treadmill. 

Di empat doortrim terdapat senar unik yang dapat dimainkan ketika iseng. Namun lebih tepatnya, disiapkan agar bisa menampung berbagai macam dimensi botol minuman. Cara membuka pintunya juga unik, karena menyatu dengan speaker 2-Way.

BYD Atto 3. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)

Atto 3 bisa menghadirkan kesan lapang dengan membuka sunroof hingga ke bagian penumpang belakang. Sebab dimensi panjangnya mencapai 1.261 mm dan lebar 849 mm. Penumpang belakang juga dibuat nyaman dengan adanya armrest yang dapat difungsikan sebagai cup holder.

Bagasinya bisa dibilang cukup lapangan untuk kelas SUV listrik berukuran kecil, 440 liter. Bila ingin mendapat ruang lebih lapang untuk memuat barang bawaan, jok penumpang belakang bisa dilipat kombinasi 40:60, mudah hadirkan total 1.340 liter.

Test drive kali ini mengawali perjalanan dari BYD Arista Sunter jam 9 pagi membelah kepadatan dan langsung masuk ke tol Sunter. Kondisi hujan cukup menjadi tantangan agar Atto 3 ini bisa melaju konstan, apalagi rangkaian kendaraan sebanyak sembilan unit.

Berada di jalur bebas hambatan, Atto 3 ini sudah mendapat kawalan fitur ADAS sehingga sekalian menggunakan active cruise control. Membuat mobil listrik ini dapat menjaga jarak dengan kendaraan di depan, tanpa harus menekan pedal gas atau rem.

Sebagai mobil listrik yang melaju senyap, ke permukaan jalan terbilang baik. Meski jarak ground clearance 175 mm, sambungan di jalan tol MBZ mampu diredam dengan baik. Bahkan ketika melaju lebih kencang di atas 100 kpj, suara angin di kaca depan tidak terlalu mengganggu.

Konsumsi energi listrik BYD Atto 3. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)

Suspensi depan MacPherson dan suspensi belakang Multi-link sajikan redaman yang baik pula ketika melewati beberapa jalanan tak rata di kawasan Ciburial. Performa kuat dari motor listrik BYD mampu melahap tanjakan yang cukup tinggi, ke De Grote Cafe. 

Berada di situasi jalanan yang sempit atau kemacetan yang menuntut pengendara harus bumper-to-bumper, Atto 3 ini sudah menggunakan 360 Holographic Transparent Imaging System, sehingga bisa seperti memeriksa bagian kolong kendaraan agar lolos dari kubangan.

Mencoba Atto 3 dari Jakarta hingga Bandung, total jarak yang ditempuh 173,5 km. Baterai masih menyisakan 51 persen atau jarak tempuh 244 km lagi. Sebagai informasi BYD Blade Battery memiliki kapasitas 60,48 kWh.

Sebagai informasi, BYD Atto 3 dapat difungsikan pula sebagai mobile power bank, sehingga bisa menjadi sumber energi untuk mengaktifkan barang elektronik untuk perangkat masak. Di konsol tengah terdapat mobile phone wireless charging, pemilik mobil bila kehabisan daya ponsel tanpa perlu mencari kabel. 

Perihal standar keselamatan Atto 3 ini sudah lulus uji benturan diganjar lima bintang dari Euro NCAP.

Pilihan Editor: Kalahkan Jepang, Cina Jadi Pengekspor Kendaraan Terbanyak di Dunia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi