MINI Clubman Final Edition ada di IIMS 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 19 Februari 2024 12:16 WIB
Peluncuran MINI Clubman Final Edition di IIMS 2024. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDi Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024, BMW Group Indonesia memajang MINI Clubman Final Edition, tersedia eksklusif 50 unit untuk Indonesia. Perihal harganya Rp 1.059.000.000,-off-the-road.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Daren Ching, Head of MINI Asia, mengabarkan bahwa MINI senang dapat kembali hadir di ajang otomotif tahunan seperti IIMS – di mana pada kesempatan ini kami dapat meluncurkan MINI yang selama lebih dari 50 tahun kehadirannya selalu menarik perhatian: MINI Clubman. 

“Kendaraan ini memancarkan gaya yang khas dan berikan rasa bangga serta senyum lebar bagi yang mengendarai kendaraan spesial ini. Kini, sudah sepantasnya MINI Clubman mendapat sambutan spektakuler untuk penghormatan kepada sebuah kendaraan yang telah berikan inspirasi bagi berbagai generasi dan fungsionalitas sebuah MINI. Untuk menambah eksklusivitasnya, dari 1.969 unit di seluruh dunia, Indonesia mendapatkan 50 unit!” ujar Daren Ching.

Pada tahun 1969, Mini Clubman pertama membuat pernyataan yang jelas, yang diungkapkan oleh desainer Roy Haynes sebagai berikut: "Kesan bahwa hanya benda jelek yang dapat berfungsi telah hilang." Kendaraan yang penuh gaya ini menimbulkan sensasi sejak awal antara tahun 1969 dan 1981 dengan ciri khas pintu terbelah di bagian belakang. Saat itu, Mini Clubman menaklukkan pasar otomotif sebagai station wagon dengan wheelbase panjang dan bodi shooting-brake memanjang.

Untuk edisi baru tahun 2007, MINI Clubman menghadirkan interpretasi modern dari konsep shooting-brake klasik. Untuk akses ke belakang, hanya terdapat satu pintu di sisi kanan kendaraan yang terbuka ke belakang. Dengan model generasi ketiga dari tahun 2015, MINI Clubman bertambah lagi hingga kini memiliki panjang 4,25 meter dan menjadi lebih lega serta nyaman berkat jarak sumbu roda yang lebih panjang dan dua pintu samping belakang berukuran penuh.

Bersama dengan pintu belakang terpisah yang unik, MINI Clubman tetap menjadi salah satu model MINI paling serbaguna hingga saat ini. Bagasi yang luas memudahkan untuk memuat kompartemen bagasi yang saat ini mampu menampung hingga 1.250 liter.

Kini hadir secara eksklusif 1.969 unit secara global – dengan alokasi 50 unit untuk Indonesia – MINI Clubman Final Edition gabungkan nilai Clubman yang legendaris dengan tradisi brand MINI dengan elemen desain eksklusif dan karakteristik yang kuat.

Ditenagai mesin bensin empat silinder dengan teknologi MINI TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga 178 hp, MINI Clubman Final Edition ditawarkan dalam varian Cooper S yang selalu mengedepankan dinamika berkendara, gaya, dan kenyamanan.

Sebagai edisi khusus, MINI Clubman Final Edition tersedia dalam balutan warna Nanuq White, Enigmatic Black, dan Melting Silver. Dengan detail karismatik dalam warna Shimmer Copper, edisi terbatas ini mengacu pada sejarah desain dari bakat-bakat luar biasa. 

Bagian sekeliling dan sepertiga atas palang kisi-kisi radiator diberi warna edisi berkilauan, begitu pula MINI Cooper S Blade khas model dan scuttle samping. Pola grafis pada velg ringan 18 inci pada desain Final Edition Spoke 2-tone juga diberi finishing dengan pernis bening berwarna yang mengingatkan pada Copper (tembaga), memberikan rona berkilauan yang elegan.

Di bagian bawah pintu samping, garis-garis khas MINI menonjolkan bodi memanjang dari konsep shooting-brake yang ikonik. Garis-garis ini juga ditemukan di kap mesin sisi penumpang dan di sisi kanan pintu terpisah. Tulisan "Final Edition" yang berkilauan dengan elegan menunjukkan edisi khusus, begitu pula lencana "1 of 1969" di sisi pilar C. Lampu belakang Union Jack mengacu pada histori MINI Clubman asal Inggris.

Interior MINI Clubman Final Edition menonjolkan aura eksklusif Special Edition dengan berbagai detail perlengkapan. Misalnya, trim pintu dengan tulisan "Final Edition" yang juga terdapat di ruji bawah roda kemudi sporty namun nyaman dengan bahan Nappa leather, menciptakan suasana istimewa pada model edisi tersebut. Jok sport leather MINI Yours yang nyaman dengan penyangga yang dapat disesuaikan dan lencana eksklusif, dijahit dan diberi finishing dalam warna Dark Maroon. Semuanya dilengkapi dengan penuh gaya dengan sisipan kain Piquet berwarna antrasit dan jahitan kontras biru.

Di kokpit, hal pertama yang menarik perhatian dari panel instrumen tengah adalah trim dasbor berwarna gelap, yang dibingkai dengan harmonisasi strip trim dalam warna Sage Green Dark yang matte dan warna Shimmer Copper khusus untuk Final Edition ini. Di sisi penumpang, lencana "1 of 1969" pada trim juga mengingatkan interior eksklusivitas MINI Clubman Final Edition. Lencana dengan desain yang sama juga ditemukan pada alas karpet, dan tulisan grafis juga menjadi ciri di kunci kendaraan MINI Clubman Final Edition.

Perlengkapan standar mencakup layar sentuh 8,8 inci di instrumen pusat dan integrasi smartphone untuk menggunakan Apple CarPlay dan aplikasi lain melalui sistem kendali kendaraan itu sendiri. Sistem kontrol MINI generasi terbaru mengoptimalkan pilihan kontrol fungsi kendaraan, program audio, komunikasi, navigasi, dan aplikasi yang cepat dan intuitif.

Pilihan Editor: Mini Cooper Tiga Pintu Terbaru Masih Main Mesin Bensin

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi