Pemerintah AS Selidiki Risiko Kebocoran Keamanan Data dari Mobil Cina
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 1 Maret 2024 07:30 WIB
Penampakan mobil listrik Xiaomi SU7 saat peluncurannya di Beijing, Cina, 28 Desember 2023. Produsen smartphone asal Cina, Xiaomi, resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, dengan nama SU7 yang dirancang untuk bersaing dengan Tesla dan Porsche. REUTERS/Florence Lo
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat (AS) sedang membuka penyelidikan terkait risiko kebocoran keamanan data nasional melalui impor mobil Cina. Hasil dari penyelidikan ini akan menentukan pemberlakuan pembatasan karena kekhawatiran tentang teknologi mobil yang terhubung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Reuters hari ini, Jumat, 1 Maret 2024, Departemen Perdagangan AS melakukan penyelidikan karena kendaraan pintar rakitan Cina dapat mengumpulkan data sensitif tentang warga negara dan infrastruktur AS. Dikhawatirkan, data-data tersebut dikirimkan ke Tiongkok.

"Kebijakan Tiongkok dapat membanjiri pasar kita dengan kendaraannya, sehingga menimbulkan risiko bagi keamanan nasional kita. Saya tidak akan membiarkan hal itu terjadi pada jam tangan saya," kata Presiden AS Joe Biden.

Pejabat Gedung Putih mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk mengambil keputusan terkait potensi larangan atau pembatasan kendaraan Cina. Namun Pemerintah AS memiliki wewenang luas berdasarkan hukum, dan tindakan pemerintah bisa berpotensi mempunyai dampak besar.

"Ini adalah tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, untuk memastikan bahwa mobil-mobil di jalanan AS dari negara-negara yang menjadi perhatian seperti Tiongkok tidak mengganggu keamanan nasional kita," ujar Biden.

Saat ini, kendaraan buatan Tiongkok yang diimpor ke AS masih relatif sedikit. Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo mengatakan pemerintah mengambil tindakan sebelum kendaraan produksi Cina tersebar luas di AS dan berpotensi mengancam privasi dan keamanan nasional.

DICKY KURNIAWAN | REUTERS

Pilihan Editor: Beberapa Pertimbangan Honda dalam Meluncurkan Mobil Listrik di Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi