Italia Lobi Tesla dan 3 Pabrikan Mobil Cina Buat Produksi Lokal
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 1 Maret 2024 09:00 WIB
Ilustrasi Logo Tesla. REUTERS/Dado Ruvic
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Italia dikabarkan tengah melobi Tesla dan tiga pabrikan mobil cina untuk bisa memproduksi lokal kendaraan di negaranya. Produksi mobil tahunannya juga diharapkan bisa meningkat menjadi 1,3 juta unit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman Carscoops hari ini, Jumat, 1 Maret 2024, Menteri Perindustrian Italia Adolfo Urso mengatakan bahwa pemerintah mendapatkan umpan balik positif dari pembicaraan dengan merek lain dan telah berkomunikasi dengan Tesla selama beberapa bulan. Urso menambahkan bahwa diskusi juga sedang dilakukan dengan tiga merek Cina, namun tidak dirinci.

Direktur Pelaksana BYD Eropa, Michael Shu megatakan bahwa mereka telah dihubungi Pemerintah Italia, di tengah kebingungannya memilih lokasi pabrik baru di Eropa. Hungaria menjadi salah satu pilihan BYD dan akan ada satu pabrik lagi di Eropa, namun diperkirakan tidak akan di Italia.

Urso meyakini bahwa Italia perlu memproduksi setidaknya 1,3 juta kendaraan per tahun untuk melestarikan industri otomotif nasional. Sebab, dia menilai banyak tantangan yang ditimbulkan oleh transisi kendaraan listrik.

Awal tahun ini, Urso mengungkapkan gagasan Pemerintah Italia membeli saham Stellantis, yang belakangan diketahui bahwa itu merupakan di luar agenda pemerintahan. Kepala Eksekutif Stellantis Carlos Tavares menyatakan tidak tertarik dengan gagasan Italia menarik produsen mobil besar lainnya ke Italia.

"Jika kami mengundang lebih banyak produsen mobil Tiongkok untuk berproduksi di Eropa, apakah menurut Anda hal itu akan membantu?," kata Tavares.

Saat ini, Stellantis merupakan satu-satunya produsen mobil utama yang beroperasi di Italia dan tahun lalu memproduksi sekitar 750.000 kendaraan. Stellantis berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas produksinya hingga 1 juta unit.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Pilihan Editor: Beberapa Pertimbangan Honda dalam Meluncurkan Mobil Listrik di Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi