KCIC dan Dishub Jabar Bermitra untuk Hadirkan Bus Listrik di Bandung
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 5 Maret 2024 09:00 WIB
Uji coba layanan BRT Bus Listrik Bandung Raya di area Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung. (ANTARA/HO-KCIC)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan Dinas Perhubungan Jawa Barat (Dishub Jabar) menjalin kerja sama dalam menyediakan layanan integrasi moda transportasi yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah bus listrik, yang akan ditempatkan di lingkungan Kereta Cepat Whoosh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kerja sama ini merencanakan penyediaan integrasi moda ramah lingkungan dalam hal ini buy the servic (BTS) dan bus rapid transit (BRT) Bus Listrik Bandung Raya di area Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan bahwa penyediaan integrasi moda ramah lingkungan tersebut sejalan dengan komitmen KCIC dalam mendukung penggunaan energi hijau dan transportasi ramah lingkungan. Melalui kolaborasi yang dibangun dengan Dishub Jabar, KCIC berupaya menjadi pioner green station intermoda di Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk menjadi pioner dalam transportasi ramah lingkungan termasuk pioner green station intermoda. Karena itu, kami mendukung dan sangat terbuka terhadap berbagai kerja sama dan inovasi dalam hal penggunaan energi hijau atau transportasi ramah lingkungan," ujar Emir.

Demi merealisasikan rencana tersebut, keduanya telah menguji coba bus listrik di Stasiun Tegalluar pada Rabu, 28 Februari 2024. Uji coba dilakukan untuk mengukur keandalan empat bus listrik yang nantinya akan digunakan sebagai green intermoda di Stasiun Tegalluar.

Selain itu, juga tengah diukur durasi tempuh dan pantauan situasi lalu lintas pada rute perjalanan BRT Bus Listrik Bandung Raya dari Stasiun Tegalluar menuju pusat-pusat aktivitas masyarakat. Emir menyebut program BRT bus listrik merupakan salah satu program lanjutan setelah diterapkannya BTS Trans Metro Pansundan Rute 2D (IKEA-Stasiun Padalarang-Alun-alun Bandung) di Stasiun Padalarang.

"Kami ucapkan terima kasih kepada UPTD Wilayah 2 Dinas Perhubungan Jawa Barat atas dukungannya terhadap komitmen KCIC dalam menerapkan green intermoda. Semoga saja kehadiran green intermoda ini nantinya mendapat respons baik dan dukungan dari semua pihak," tutup dia.

Pilihan Editor: Absen di Tes Moto2 Jerez, Mario Aji Dipastikan Tak Alami Cedera Parah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi