Spesifikasi Motor Listrik Alva One XP, Jarak Tempuh 70 Km
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 7 Maret 2024 06:00 WIB
Alva One XP. (Foto: Gooto/Dicky Kurniawan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Ilectra Motor Group telah merilis motor listrik terbaru, Alva One XP di IIMS 2024. Motor ini merupakan versi penyempurnaan di beberapa sektor dari model Alva One.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bicara spesifikasi, Alva One XP ini mengusung motor penggerak listrik tipe Hub Drive yang menghasilkan tenaga 4 kW atau sekitar 5,4 PS dan torsi maksimum 46,5 Nm. Motor listrik ini sanggup melaju dengan kecepatan maksimal 90 km per jam.

Motor penggerak tersebut ditenagai baterai Lithium berkapasitas 60V 45Ah (2,7 kWh) yang mampu menempuh jarak hingga 70 km per jam untuk satu baterainya. Lama pengisian daya baterainya membutuhkan waktu empat jam.

Alva One XP test ride. (Foto: Gooto/Dicky Kurniawan)

Chief Marketing Officer Alva Putu Yudha mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan peningkatan dan pengembangan terhadap motor penggerak di Alva One XP ini, bila dibandingkan dengan Alva One.

"Hub drive juga sudah dimaksimalkan untuk menghadapi jalanan di Indonesia. Tapi, secara output masih sama, kami perbaiki dari sisi keandalan," kata Putu saat ditemui di Bintaro, Tangerang Selatan pada hari Rabu, 6 Maret 2024.

Selain itu, bagian panel meternya yang saat ini sudah menggunakan layar TFT adaptive yang kecerahan layarnya disesuaikan dengan pencahayaan dan cuaca sekitar. Kemudian, Putu juga mengungkapkan bahwa desain motor listrik Alva One XP ini juga direvisi dibandingkan model Alva One.

"Karena yang kami tahu cuaca di Indonesia cukup terik mataharinya, jadi kalau jalan siang suka enggak kelihatan, jadi kami ganti dan peningkatan TFT adaptive, jadi pas masuk terowongan langsung menyala (panel meter)," ujarnya.

Alva One XP gunakan layar TFT yang lebih cerah. (Foto: Gooto/Dicky Kurniawan)

Secara dimensi, Alva One XP memiliki panjang 1.960 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1.200 mm. Sementara itu, panjang sumbu rodanya mencapai 1.370 mm dan ground clearance-nya 135 mm. 

Dari sektor kaki-kaki, Alva One XP menggunakan ban depan ukuran 90/90 R14, sementara ban belakangnya berukuran 110/80 R 14. Sistem pengeramannya menggunakan cakram depan dan belakang, serta suspensinya menggunakan teleskopik di depan dan monoshock di belakang.

Motor listrik tersebut diklaim unggul dari sisi konektivitas, karena dilengkapi dengan aplikasi yang dapat menghubungkan pengendara dengan motornya melalui smartphone. Pengendara juga bisa mendapatkan pengalaman integrasi teknologi dan mobilitas melalui berbagai fitur terbaru seperti, Battery Status Checking, Live Map Tracking, Trip History & Analytic, hingga Social Media Share. 

Alva One XP ini dipasarkan dengan harga sebelum subsidi Rp 38,5 juta. Setelah mendapatkan insentif nanti, motor listrik hasil penyempurnaan dari Alva One ini akan mendapatkan potongan Rp 7 juta dan harganya menjadi Rp 31,5 juta.

Pilihan Editor: Motor Listrik Alva One XP Sudah Ungkap Harga di IIMS 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi