Pajak Mobil Listrik Neta V Cuma Rp 400 Ribu, Simak Rinciannya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 8 Maret 2024 09:00 WIB
Mobil listrik Neta V ditampilkan dalam pameran otomotif GIIAS 2023 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis, 10 Agustus 2023. Mobil dibekali baterai Lithium-ion yang dengan kapasitas listrik yang diklaim cukup untuk menempuh jarak sekitar 400 km dengan kapasitas baterai 40,7 kWh untuk sekali pengisian daya penuh. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil listrik Neta V tercatat hanya membutuhkan dana sebesar Rp 400 ribu untuk pembayaran pajak lima tahunannya. Angka tersebut sudah sesuai dengan ketetapan Kementerian Dalam Negeri yang mengenakan tarif 0 persen untuk kendaraan listrik, baik motor atau mobil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berkat ketentuan itu, para pemilik kendaraan listrik tidak perlu membayar pajak dan bea balik nama. Aturan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2023, tepatnya di Pasal 10 Nomor 1.

Bayar biaya STNK awal kepemilikan mobil listrik Neta V. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)

"Di STNK PKB sudah 0 dan BBNKB sudah 0, ini sangat murah untuk mobil listrik dan bisa menjadi suatu pilihan kenapa harus membeli mobil listrik," kata Brand PR & Digital Senior Manager PT Neta Auto Indonesia Frietz F Roboth, dikutip dari Tempo.co hari ini, Kamis, 7 Maret 2024.

Adapun rincian total pajak tahunan Neta V terdiri dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLL) sebesar Rp 143 ribu, biaya administrasi cetak STNK sebesar Rp 200 ribu, dan biaya administrasi cetak Tanda Nomor Kendaraaan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor sebesar Rp 100 ribu.

Jadi, secara total pajak lima tahunan mobil listrik Neta V adalah Rp 443 ribu. Sementara, untuk pembayaran setiap tahunnya Rp 143 ribu atau hanya membayar SWDKLL karena PKB-nya nol.

Saat ini, Neta V dipasarkan dengan harga Rp 379 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. 

DICKY KURNIAWAN | TEMPO.CO

Pilihan Editor: Total Biaya Perawatan Neta V 0-100 Ribu Km Hanya Rp 3 Jutaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi