Prediksi Titik Kemacetan Saat Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 12 Maret 2024 09:00 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu 23 Desember 2023. Untuk mengurai kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023, Korlantas Polri memberlakukan sistem lawan arah (Contra Flow) di jalan tol Cipali. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Korlantas Polri mulai memetakan titik-titik krusial yang rawan terjadi kemacetan saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Salah satu titik krusial kemacetan berada di Gerbang Tol Cisumdawu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Ada beberapa tadi kami tinjau, yang pertama Gerbang Tol Cisumdawu Utama, ada arus yang datang dari Bandung nanti akan bertemu di Cipali KM 152. Cipali ini akan terjadi bottle neck," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, dikutip dari laman Humas Polri pada hari ini, Selasa, 12 Maret 2024.

"Dari Cisumdawu ada dua lajur kemudian bertemu di Cipali ada dua lajur, ini akan menjadi empat, sehingga untuk memastikan pertemuan ini bisa berjalan tetap smooth, perlambatan bisa dikurangi," ucap Aan Suhanan melanjutkan.

Titik krusial kemacetan selanjutnya berada di KM 188 Gerbang Tol Palimanan. Titik ini kerap terjadi kecelakaan dan menjadi perhatian pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

"Ini masih sering terjadi kecelakaan di gerbang ini, sehingga menjadi perhatian kami pada saat arus mudik dan balik. Ini akan kami kelola sehingga harus tetap lancar untuk kecelakaan juga bisa kami tekan," ujar Aan Suhanan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai peninjauan ini diharapkan bisa melancarkan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2024. Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk melancarkan lalu lintas saat mudik Lebaran tahun ini.

"Mudik ini harus lancar, enggak ada masalah. Biasanya mudik itu akan lancar kalau kita berkolaborasi," ucap Budi Karya.

Pilihan Editor: Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi