900 Ribu Pemudik Diprediksi Melintasi GT Kalikangkung pada Mudik Lebaran 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 1 April 2024 08:00 WIB
Foto udara kendaraan pemudik saat antre untuk melewati gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Rabu, 19 April 2023. Kepadatan pemudik mulai terlihat, mereka memadati gerbang Tol Cikampek Utama. Contraflow masih diberlakukan di Tol Cikampek dari KM 47 atau setelah Tol Layang MBZ hingga KM 72 atau di GT Cikampek Utama. Setelahnya pemudik akan mendapatkan full access one way hingga KM 414 atau GT Kalikangkung. TEMPO / Hilman Fathurrahman W
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Jasamarga Semarang-Batang memprediksi 900 ribuan pemudik bakal melintasi Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang pada saat arus mudik Lebaran dan arus balik. Jumlah kendaraan tersebut merupakan prediksi kumulatif dari arus mudik dan arus balik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Berdasarkan perhitungan sementara, kami prediksi dari H-7 sampai H+7 Lebaran, kendaraan yang akan masuk ke Kalikangkung sekitar 463.000 unit atau naik 4,4 persen dibanding Lebaran tahun lalu," kata Direktur Teknik dan Operasi PT Jasamarga Semarang-Batang Daru Satrio, dikutip Gooto dari Antara hari ini, Senin, 1 April 2024.

Sementara itu, untuk arus balik Lebaran tahun ini diperkirakan sebanyak 468.000 kendaraan melintas. Angka tersebut mengalami peningkatan 1,5 persen dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu.

"Jadi, kami masih melakukan assessment dan sudah berdiskusi dengan kepolisian dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)," ujar Daru.

Kepadatan kendaraan ini diperkirakan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 April 2024, namun puncaknya pada 6 April. Demi mengantisipasi kepadatan itu, akan dilakukan rekayasa lalu lintas atas diskresi kepolisian seperti sistem satu arah (one way) dan contraflow. 

Daru juga mengatakan bahwa pihaknya menyiagakan 10 unit mobil derek untuk mengatisipasi jika ada pemudik yang membutuhkan. Untuk mendukung one way, Jasamarga menyiapkan 11 set rambu lalu lintas dan untuk contraflow, Jasamarga memperlebar U-Turn dan menambah jumlah rambu serta petugas.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: Chery Omoda E5 Sudah Dipesan Sebanyak 3.000 Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi