Suzuki Minivan Listrik Bakal Rilis 2026, Berbasis eVX
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 13 Maret 2024 07:00 WIB
Suzuki eVX akan menjadi basis Suzuki minivan listrik. (Foto: Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Suzuki telah mengonfirmasi bahwa versi produksi SUV eVX akan debut pada tahun 2025. Namun, baru-baru ini, pabrikan otomotif asal Jepang ini dikabarkan tengah mengembangkan minivan listrik yang dijadwalkan debut di pasar India pada September 2026.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari laman Carscoops pada hari ini, Rabu, 13 Maret 2024, model minivan listrik baru ini diberi kode nama YMC dan akan menjadi minivan listrik pertama yang menyandang lambang Suzuki.

Minivan listrik ini dikabarkan akan menggunakan arsitektur 27PL skateboard, yang saat ini sedang dikembangkan oleh Suzuki dan Toyota. Arsitektur ini dirancang untuk mengakomodasi berbagai bentuk bodi mobil.

Sementara, untuk powertrainnya diharapkan mewarisi opsi baterai dan motor listrik dari eVX. Sebagai penyegaran, SUV ini akan tersedia dengan baterai 40 kWh dan 60 kWh, yang menawarkan daya jangkauan hingga 500 km dengan kemampuan AWD.

Minivan tersebut kemungkinan akan lebih melar dari eVX yang panjangnya 4.300 mm, sehingga bisa memberikan ruang untuk tata letak tempat duduk tiga baris. Beberapa komponen lainnya kemungkinan akan berbagi dengan SUV tersebut, termasuk dashboard dan kokpit digital.

Maruti Suzuki berencana untuk memperluas jajaran produk lokalnya sebanyak 8 mobil. SUV dan MPV terbaru akan tiba dalam beberapa tahun ke depan dan tiga di antaranya akan menampilkan powertrain listrik, serta sisanya bertenaga ICE atau hybrid.

Sebelum memulai debut versi produksi dari Suzuki eVX dan minivan listrik, Suzuki akan terlebih dahulu meluncurkan versi hybrid dari Baleno, Fronx, dan Swift, sebagai bagian dari strategi elektrfikasinya.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS 

Pilihan Editor: Volvo EM90, MPV Premium Hadirkan Kelegaan Kabin

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi