Toyota Rilis Konsep Bus dengan Tampilan Kucing, Begini Tampilannya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 13 Maret 2024 16:00 WIB
Cat Bus Toyota hasil Studio Ghibli. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota memperkenalkan bus ikonik dengan tampilan kucing berwarna cat beige. Desain bus ini terinspirasi dari bus yang digunakan Satsuki dan Mei yang meluncur melintasi langit malam dalam film Studio Ghibli My Neighbor Totoro.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Desainnya didasarkan pada Accessible People Mover Toyota, sebuah BEV yang digunakan dalam Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Bus kucing ini didesain langsung oleh Naoki Nagatsu, Mitra Profesional di Divisi Desain Visi Toyota, berkoordinasi dengan Direktur Studio Ghibli, Goro Miyazaki.

Bus ini menampilkan ekor yang besar dan cakar yang menggemaskan. Karena bus ini tidak ditujukan untuk jalan umum, pelat nomornya dibuat sesuai dengan ide Goro Miyazaki, yang mengandung makna tersembunyi jika diartikan dalam Bahasa Jepang.

Cat Bus Toyota hasil Studio Ghibli. (Foto: Toyota)

Roda kemudi, panel instrumen, dan detail lainnya dilabur warna cat beige seperti warna bulu kucing. Selain itu, terdapat tekstur unik dari setiap bagian bus ini, yang membuatnya mirip dengan binatang kucing asli.

"Kami hadir dengan palet dua warna, yaitu cat brown dan cat beige, yang dibuat agar sesuai dengan skema warna mobil secara keseluruhan," ujar Nagatsu.

Kursi Cat Bus ini dilengkapi bulu-bulu dan sarung joknya dapat dilepas agar mudah dibersihkan. Tidak hanya itu, bagian atapnya juga dilapisi bulu yang sama seperti di kursinya.

Roda kemudinya ditempatkan di bagian depan tengah, tidak ditempatkan di satu sisi seperti biasanya. Alasannya, karena perbedaan bobot akan menyebabkan sedikit miring jika tekanan ban tidak disesuaikan. Mata kucing pada desain bus ini dibuat menyala saat malam hari.

Cat Bus Toyota hasil Studio Ghibli memungkinkan para orang tua atau anak-anak bisa mengakses. (Foto: Toyota)

Cat Bus Toyota ini dirancang untuk mengakomodasi penumpang lanjut usia, penumpang dengan gangguan mobilitas, wanita hamil, dan orang tua dengan anak kecil. Bus ini dikonfigurasikan untuk memberikan akses mudah bagi semua orang, dengan ramp yang dapat digunakan hanya dalam 10 detik.

Saat kondisi hujan, bus ini memiliki tirai penutup sisi kiri dan kanan untuk menjaga penumpang kebasahan. Pada tirai ini terdapat siluet karakter kucing seperti di film.

Bila ingin menaiki Cat Bus ini, ada di Expo 2005 Aichi Commemorative Park (Nagakute, Aichi) mulai tanggal 16 Maret 2024. Penumpang harus membeli tiket dahulu untuk bisa menaiki bus ini.

Pilihan Editor: Ikuti Jejak Indonesia, Filipina Ikut Recall 3 Model Toyota

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi