Hyundai Ioniq 5 Hingga Kia EV6 Kena Recall karena Masalah ICCU
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 16 Maret 2024 10:00 WIB
Ilustrasi Hyundai Ioniq 5. (Foto: Hyundai)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Hyundai Motor Group melakukan penarikan kembali (recall) terhadap mobil listrik dari tiga mereknya, yakni Hyundai, Genesis, dan Kia. Recall ini disebabkan masalah pada unit kontrol pengisian daya terintegrasi atau Integrated Charging Control Unit (ICCU).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Carscoops hari ini, Sabtu, 16 Maret 2024, recall ini melibatkan mobil listrik berbasis platform E-GMP, yang mencakup model Hyundai Ioniq 5, Ioniq 6, Genesis GV60, GV70, G80 EV, dan Kia EV6. Tercatat ada 169.932 unit mobil listrik yang terdampak recall tersebut di Korea Selatan.

Masalah pada ICCU ini disebut dapat menyebabkan kendaraan kehilangan tenaga saat berada di jalan. Ini menjadi penarikan kendaraan terbesar berbasis platform E-GMP khusus listrik sejak diluncurkan pada 2021.

Jumlah penarikan ini mungkin bisa lebih besar jika recall dilakukan secara global. Diperkirakan, Hyundai Motor Group harus melakukan penarikan sebanyak 500.000 unit mobil listrik jika memang recall meluas ke pasar lain.

Keluhan terkait ICCU mobil listrik Hyundai Group ini juga terjadi di Amerika Serikat. Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) membuka penyelidikan terhadap ICCU kendaraan ini pada Juni 2023.

Laporan awal menunjukkan bahwa arus berlebih dapat terjadi pada bagian ICCU, yang berpotensi merusak transistor, dan menghambat pengisian ulang baterai 12V. NHTSA telah menerima 30 keluhan mengenai masalah ini. 

Salah satu konsumen melaporkan bahwa mereka mendengar letupan keras diikuti dengan pesan peringatan di dasbor mereka. Sementara beberapa konsumen lainnya hanya mengalami pengurangan daya, bahkan ada yang kehilangan daya sepenuhnya.

Hyundai dan Kia telah menyadari masalah ini selama beberapa waktu dan telah menawarkan perbaikan gratis kepada pemiliknya sejak tahun lalu. Namun, kini mereka memutuskan untuk melakukan penarikan kembali karena laporan hilangnya daya mobil terus berdatangan.

Untuk mengatasi masalah ini, Hyundai Group berencana memasang pembaruan perangkat lunak di semua kendaraan yang terdampak. Jika diperlukan, ICCU juga akan diganti seluruhnya.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Pilihan Editor: Porsche 911 GT3 Senilai Rp 8,9 Miliar Ringsek Ditabrak Mitsubishi Xpander

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi