Mobil Listrik Masa Depan Hyundai Bakal Pasang Teknologi Aerodinamika Aktif
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 17 Maret 2024 15:00 WIB
Integrated Front Face Module dikembangkan oleh Hyundai Mobis. (Foto: Hyundai)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Teknologi aerodinamika aktif diklaim Hyundai menjadi hal penting untuk mobil listrik. Pasalnya teknologi tersebut disebut-sebut dapat membuat jarak tempuh lebih jauh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hyundai Mobis diketahui sedang mengembangkan aerodinamika aktif untuk mobil listrik. Produsen asal Korea Selatan itu menamai dengan Integrated Front Face Module.

Perangkat tersebut terinspirasi dari grille aktif dan menampilkan komponen yang membuka dan menutup untuk mengurangi hambatan udara. Semuanya akan berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika sekaligus memungkinkan pertukaran panas, yang mengoptimalkan efisiensi pendinginan baterai.

Hyundai Mobis telah memasukkan berbagai teknologi mutakhir ke dalam modul terintegrasi ini, termasuk sistem aerodinamika yang mengurangi hambatan udara dan meningkatkan efesiensi konsumsi listrik. Fitur penting termasuk LiDAR yang hanya menonjol keluar saat mengemudi untuk perlindungan desain dan sensor, serta fitur pengambilan pengisi daya otomatis yang mengambil pengisi daya setelah pengisian daya selesai.

Selain itu, teknologi aerodinamika juga akan menutup secara otomatis ketika parkir. Jadi, hanya akan bekerja ketika mobil sedang dikendarai.

Berkat teknologi tersebut, Hyundai mengklaim, jarak tempuh kendaraan listrik lebih panjang sekitar 12,4 mil atau sekitar 20 km. Hyundai Mobis menambahkan bahwa teknologi ini sangat bermanfaat untuk crossover dan SUV karena tidak banyak pilihan untuk meningkatkan aerodinamika.

Teknologi buka tutup ventilasi sebenarnya sudah disematkan pada Ioniq 5 dan Ioniq 6, yang disebut dengan Active Air Flap System. Letaknya ada di bawah bumper depan dan akan membuka ketika dibutuhkan pendinginan untuk baterai.

Namun, Hyundai Mobis menyebutkan bahwa mobil listrik pada umumnya mengusung konsep desain streamline untuk meningkatkan aerodinamika. Sebagai pembeda, maka diciptakanlah perangkat aerodinamika aktif.

Sayangnya teknologi aerodinamika aktif baru bersifat konsep. Belum diketahui kapan dan pada model apa teknologi tersebut akan disematkan.

Pilihan Editor: Active Air Skirt Terobosan Aerodinamika Mobil Listrik Hyundai dan Kia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi