Daihatsu Indonesia Jawab Alasan Gran Max Tak Dibekali Airbag
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 18 Maret 2024 06:00 WIB
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Gran Max facelift pada Selasa, 30 Agustus 2022. Gran Max terbaru ini hadir tidak hanya dengan ubahan di bagian tampilannya, tetapi juga mendapatkan mesin baru. FOTO: TEMPO/Dicky Kurniawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Daihatsu Gran Max telah dirilis sejak 2017 untuk berbagai kebutuhan komersial dengan harga terjangkau bagi para pelaku usaha. Mobil ini menawarkan varian pikap, blind van, dan mini bus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sejak diluncurkan mobil ini mampu mencapai kesuksesan dengan berhasil terjual sebanyak 700.000 unit selama lebih dari satu dekade. Sayangnya mobil ini juga salah satu dari sekian model yang terdampak skandal uji tabrak yang dilakukan pabrikan di Jepang.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang menyebut pada pengujian kendaraan ini menemukan bahwa airbag yang ada di Daihatsu Gran Max tidak dapat mengembang sesuai waktunya, yang seharusnya keluar ketika sensor mendeteksi tabrakan. Dengan demikian, ini mengancam keselamatan pengguna dan penumpangnya.

Berbeda dengan Jepang, Gran Max untuk pasar Indonesia tidak dibekali airbag. Hal tersebut, tentunya menimbulkan pertanyaan kapan Daihatsu Gran Max akan dibekali oleh perangkat ini.

Menjawab hal tersebut, Marketing & Corporate Planning and Communications Director PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani, menyebut bahwa mobil komersial ini dihadirkan sesuai dengan permintaan konsumen atau para pelaku usaha dan airbag belum dibutuhkan hingga kini.

“Sebenarnya kami ingin menghadirkannya, tapi harus sesuai dengan permintaan konsumen. Karena ini ritel bisnis jadi saat ini kebutuhan seperti power steering, power window, dan AC baru terpenuhi,” kata Agung di Jakarta, Kamis, 14 Maret 2024.

Meski begitu, Agung juga menambahkan, pihaknya akan menghadirkan airbag di Daihatsu Gran Max jika ada permintaan konsumen di masa yang akan datang.

“Konsumen memilih Gran Max karena terjangkau, efisiensi BBM, dan mudah perawatan. Kalau nanti akan diberi airbag, kami kabarkan lagi,” sambung Sri Agung Handayani.

Pilihan Editor: Target Daihatsu Kembali Pertahankan Posisi Atas di Pasar Otomotif Nasional

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi