Target Daihatsu Kembali Pertahankan Posisi Atas di Pasar Otomotif Nasional
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 15 Maret 2024 18:00 WIB
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Berdasarkan penjualan mobil pada 2023, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali berhasil menduduki posisi kedua di pasar otomotif nasional. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari total penjualan ritel (diler ke konsumen) sebanyak 194.108 unit pada tahun lalu, Daihatsu mampu amankankan 19,4 persen pasar. Catatan ini menjadikan jenama asal Jepang tersebut tetap berada di posisi kedua, setelah Toyota selama 15 tahun berturut-turut.

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM Sri Agung Handayani mengucapkan rasa syukurnya atas pencapaian timnya pada tahun lalu. Dia juga mengungkapkan rasa optimistisnya, jika pada 2024 mampu mempertahankan posisi nomor dua pasar otomotif nasional.

"Iya, optimistis seperti itu (tetap posisi dua penjualan nasional). Market retail tahun ini, harapan bisa 1,1 juta unit (dari Gaikindo) jika pemilu beres, (ekonomi) makro baik, dan market xEV (kendaraan listrik) sampai Februari meningkat, dari setahun lalu 6,5 persen sekarang 9 persen (Januari-Februari 2024)," kata Sri Agung disela-sela acara buka puasa bersama media, Kamis, 14 Maret 2024.

Sri Agung menambahkan bahwa penjualan mobil Daihatsu hingga Februari 2024, pangsa pasarnya sudah mencapai 21,4 persen, dengan total penjualan sebesar 32 ribuan unit. Secara volume kontribusi, model Daihatsu tertinggi masih disumbang oleh Sigra, Gran Max, dan juga Terios. Namun, untuk penjualan secara angka detail, Daihatsu belum mengumumkannya secara resmi.

"Kita juga kan main di dua segmen ya, penumpang dan Gran Max (komersial). Untuk Sigra dan Gran Max itu sudah jadi nomor 1 di segmennya dari Januari hingga Februari 2024," jelas dia.

Pilihan Editor: Xpander Seruduk Showroom Mobil Mewah di PIK 2, Kerugian Rp 5 Miliar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi