Bos VinFast Luncurkan Usaha Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik Secara Global
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 19 Maret 2024 08:00 WIB
VinFast VF5 di Indonesia International Motor Show, Jakarta, 15 Februari 2024. TEMPO/Dimas Pressetyo
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pendiri pabrikan mobil listrik asal Vietnam VinFast, Pham Nhat Vuong meluncurkan perusahaan stasiun pengisian daya listrik bernama V-Green. Usaha ini diluncurkan secara global dan akan diprioritaskan untuk medukung kendaraan VinFast secara global.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebesar 90 persen saham dari V-Green ini dimiliki oleh Pham Nhat Vuong. Perusahaan itu akan beroperasi sebagai mitra global dan mempelopori penciptaan jaringan pengisian daya yang komprehensif.

"V-Green akan langsung mencari lahan dan mitra untuk membangun dan memperluas jaringan pengisian daya di pasar utama VinFast," kata Vuong, dikutip Gooto dari laman Reuters hari ini, Selasa, 19 Maret 2024.

Untuk diketahui, VinFast didirikan oleh Vuong pada 2017. Pabrikan mobil listrik tersebut akan memperluas wilayah pemasaran kendaraannya, setidaknya ke 50 negara di tahun 2024.

Di Vietnam, V-Green akan bertanggung jawab mengoperasikan dan mengelola jaringan pengisian daya VinFast yang ada. Setelah lima tahun beroperasi, mereka juga akan mempertimbangkan untuk memperluas layanan pengisian daya ke produsen kendaraan listrik lainnya.

Perusahaan ini akan menghabiskan sekitar $ 404 juta dalam dua tahun ke depan. Dana segar itu akan digunakan untuk membangun outlet baru dan meningkatkan jaringan pengisian daya.

Sekedara informasi tambahan, tahun lalu Vuong mendirikan operator taksi kendaraan listrik, Green SM, yang menyumbang 72 persen dari penjualan VinFast pada tahun 2023.

DICKY KURNIAWAN | REUTERS

Pilihan Editor: Bukan Ferrari, Oliver Bearman Diisukan Promosi ke Tim Haas pada F1 2025

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi