Ada 45 Titik Rawan Kemacetan di Sumsel Saat Arus Mudik Lebaran
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 21 Maret 2024 14:00 WIB
Ilustrasi arus mudik Lebaran. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatra Selatan memetakan titik kemacetan dan titik rawan kemacetan di wilayahnya saat arus mudik Lebaran 2024. Menurut laporan mereka, setidaknya ada 45 titik rawan kecelakaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol M Pratama Adhyasastra. Dirinya mengatakan bahwa pihaknya mulai menyiapkan skema pengamanan jalur lalu lintas guna menghadapi Hari Raya Idul Fitri dan arus mudik Lebaran.

"Ada 45 titik rawan kemacetan. Terbesar berada di Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Di Muba ini akan menjadi perhatian kami terutama jalur lintas Sumatra sepanjang Bayung Lencir-Sungai Lilin dan juga jalan Betung-Palembang," kata dia, dikutip Gooto dari Antara.

Lebih lanjut dirinya menyebut beberapa jalur lalu lintas diprediksi akan menciptakan titik kemacetan sehingga perlu dipetakan lebih dini agar tak terjadi kemacetan. Menurut dia, pihaknya akan lebih dulu melakukan rapat lintas sektoral ditingkat pusat mengenai pengamanan arus mudik lebaran.

Lalu, keputusan rapat itu akan ditindaklanjuti ke wilayah masing-masing. "Untuk kesiapan arus mudik mendatang, Polda Sumsel sudah memetakan beberapa lokasi baik rawan macet, rawan kecelakaan, dan rawan pelanggaran," ujar dia.

Ia menjelaskan pada 2023 tim gabungan lintas sektoral memiliki 85 pos, terdiri atas pos pelayanan, pos pengamanan dan pos terpadu. Namun pihaknya memprediksi untuk tahun ini jumlah pos tersebut akan bertambah, mengingat jumlah pemudik di tahun ini diperkirakan meningkat.

"Kami yakin untuk Lebaran tahun ini arus puncaknya akan lebih meningkat dari tahun sebelumnya. Sebab pada tahun lalu mungkin masih ada efek COVID-19, dan tahun ini sudah tidak ada pembatasan lagi," jelas dia.

"Lalu lintas di Sumatra saat ini sudah sangat baik tetapi memang jalan tol masih ada perbaikan dan pihak pengelola tol menargetkan sebelum kegiatan operasi sudah selesai perbaikan," kata dia.

Pilihan Editor: Konsumen Bisa Dapat Motor Honda di Pameran Auto2000 Fest

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi