3 Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Motor agar Tetap Optimal
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 23 Maret 2024 08:00 WIB
Ilustrasi rem cakram sepeda motor. Januari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Menjaga performa motor menjadi kewajiban para penggunanya dengan cara rutin melakukan perawatan pengereman motor. Apalagi mendekati musim libur lebaran para pengendara sepeda motor akan mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam upaya untuk memastikan perjalanan yang menyenangkan, penting bagi para pengendara melakukan pengecekan beberapa komponen sepeda motor sebelum memulai perjalanan.

Salah satunya adalah pengecekan kampas rem sebagai komponen esensial yang berhubungan langsung dengan keselamatan berkendara dengan mengatur laju kendaraan baik memperlambat maupun menghentikan putaran roda.

Pengecekan rutin sistem pengereman motor seperti kampas rem merupakan hal yang sangat penting menunjang kenyamanan serta keselamatan berkendara.

Frengky Rusli, Asst. General Manager Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, melakukan perawatan sepeda motor menjadi kewajiban para pengendaranya.

Hal tersebut untuk menjaga berbagai fungsi pada sepeda motor tetap optimal. Salah satunya fungsi pengereman yang sangat penting untuk selalu diperhatikan khususnya bagi para pengendara aktif.

"Maka dari itu kami sebagai produsen sepeda motor berupaya mengingatkan dengan berbagi tips perawatan fungsi pengereman sepeda motor untuk menunjang pengalaman berkendara konsumen tetap menyenangkan,” kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu, 23 Maret 2024.

Berikut beberapa tips perawatan komponen sistem pengereman motor

1. Gaya Berkendara Dan Pembersihan Kampas Rem

Saat mengendarai motor, pengendara disarankan untuk menghindari kebiasaan menarik gas dan tuas rem secara bersamaan. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, kampas rem dapat menjadi lebih cepat aus atau menipis.

Selain memperhatikan gaya berkendara, penting juga untuk membersihkan kampas rem secara rutin menggunakan sikat kawat atau cairan pembersih rem. Hal ini dilakukan agar kampas rem terhindar dari tumpukan kotoran seperti pasir atau debu halus yang dapat mengganggu kinerja rem secara keseluruhan.

2. Pengecekan dan Penggantian Minyak Rem

Agar fungsi rem cakram sepeda motor tetap optimal, konsumen perlu memperhatikan kondisi minyak rem. Pastikan volume minyak rem di dalam master rem berada dalam batas normal, jernih, dan bebas dari kotoran.

Ketika minyak rem dalam kondisi baik, maka kinerja rem cakram juga akan lebih optimal. Sesuai dengan buku petunjuk penggunaan, konsumen juga perlu melakukan penggantian minyak rem setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali dalam kondisi penggunaan normal.

3. Penggunaan spare part asli

Penggunaan spare part asli juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Setiap kampas rem asli Yamaha telah dirancang khusus sesuai dengan setiap model motor, sehingga kinerja dan daya tahannya optimal.

Pilihan Editor: V-Belt Motor Matik Masih Selip Meski Sudah Diganti, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi