Masyarakat Diimbau Tak Pulang Kampung di Waktu Puncak Arus Mudik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 25 Maret 2024 11:00 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu 23 Desember 2023. Untuk mengurai kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023, Korlantas Polri memberlakukan sistem lawan arah (Contra Flow) di jalan tol Cipali. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengimbau masyarakat agar tidak mudik di waktu puncak arus mudik. Begitu pun sebaliknya, saat puncak arus balik, masyarakat diimbau tak melakukan perjalanan pulang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Humas Polri hari ini, Senin, 25 Maret 2024, Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini terjadi pada 5 April 2024. Sementara itu, prediksi puncak arus balik terjadi pada 15 April 2024.

"Bagi masyarakat agar memilih waktu atau tidak melakukan mudik pada waktu puncak mudik dan balik, atau masyarakat dapat memilih waktu berangkat maupun kembali yang tepat untuk menghindari kemacetan," kata Trunoyudo.

Polri juga mengimbau masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik untuk menyiapkan diri dan kendaraannya. Selain itu, pemudik juga diimbau untuk menyiapkan kartu tol elektronik dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas, termasuk rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan.

Kepolisian juga tidak merekomendasikan warga untuk mudik menggunakan sepeda motor. Sebab, kendaraan roda dua tersebut dinilai tidak diperuntukkan untuk perjalanan jarak jauh.

"Berdasarkan hasil anev (analisa dan evaluasi) pelaksanaan operasi sebelumnya bahwa kendaraan roda dua yang menyumbang korban kecelakaan lalu lintas tertinggi, termasuk korban meninggal dunia," ujar Trunoyudo.

Jika masyarakat tetap ingin mudik menggunakan motor, kepolisian mengimbau pemudik untuk memeriksa dengan seksama kondisi kendaraannya. Selain itu, persiapkan juga beberapa perlengkapan pendukung seperti jaket, jas hujan, helm berstandar SNI, dan alat-alat lain yang diperlukan.

Pilihan Editor: Klasemen MotoGP Usai Seri Portugal: Jorge Martin Geser Bagnaia di Puncak

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi