Jumlah Pemudik Diprediksi Meningkat Tahun Ini, Angka Kecelakaan Diharapkan Turun
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 27 Maret 2024 10:00 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu 23 Desember 2023. Untuk mengurai kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023, Korlantas Polri memberlakukan sistem lawan arah (Contra Flow) di jalan tol Cipali. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa jumlah pemudik tahun ini diprediksi meningkat hingga 56 persen. Kendati demikian, Listyo berharap kecelakaan dapat ditekan sehingga angkanya turun dibanding tahun lalu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kami mengharapkan bahwa laka lantas dan juga kemacetan lalu lintas di tahun ini betul-betul bisa kami kelola dengan baik," kata Listyo Sigit, dikuip dari laman Humas Polri pada hari ini, Rabu, 27 Maret 2024.

Kepolisian akan menggelar Operasi Ketupat 2024 dengan menurunkan 144.165 personel gabungan untuk memastikan kelancaran mudik Lebaran 2024. Selain itu, akan disiapkan 5.784 pos untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Kurang lebih 155.165 personel yang terlibat, di dalam ada stakeholder terkait sejumlah 69.969 personel dan nanti akan disiapkan 5.784 pos pelayanan," ujar Listyo.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau agar para pemudik dapat mempersiapkan dengan matang mulai dari pengecekan kendaraan dalam kondisi layak dan aman, serta kesehatan fisik bagi pengendara.

"Periksa kelayakan kendaraan pribadi yang akan digunakan. Pastikan kendaraannya layak dan aman. Sebagai pengemudi harus dalam keadaan bugar dan istirahatnya cukup," ujarnya.

Selain itu, pemudik juga harus memastikan saldo e-toll cukup dan kendaraan harus diisi dengan kapasitas yang seharusnya. Kemudian, jangan berhenti dan parkir di bahu jalan tol untuk menghindari kecelakaan.

"Karena parkir dan berhenti di bahu jalan bisa diseruduk dari belakang. Karena itu, kami benar-benar minta diperhatikan," ucap Muhadjir. 

Pilihan Editor: 3 Fakta yang Terjadi di MotoGP Portugal, Pedro Acosta Ukir Sejarah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi