Ini Mobil Listrik Produksi Pertama yang Pakai Baterai Solid-State
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 28 Maret 2024 12:00 WIB
Mobil listrik pertama IM L6 menggunakan baterai solid-state dan pengisian ultra cepat. (Foto: IM Motors)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Perusahaan otomotif asal Cina, IM Motors mengklaim bahwa IM L6 merupakan mobil listrik pertama yang diproduksi massal dengan menggunakan baterai solid-state dan pengisian ultra cepat. Mobil ini diluncurkan pada Mei lalu dan memiliki kapasitas baterai 130 kWh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman CarNewsChina pada hari ini, Kamis, 28 Maret 2024, baterai solid state ini menggunakan katoda dilapisi dengan bahan nikel ultra-tinggi, dan anoda merupakan generasi baru bahan karbon silikon komposit energi spesifik tinggi. Perbedaan signifikan antara baterai solid-state dengan baterai yang ada saat ini adalah elektrolitnya yang padat.

Tidak hanya itu, baterai solid-state yang dipakai IM Motors juga diklaim memiliki konduktivitas ionik yang tinggi, ketahanan terhadap suhu tinggi, yang berarti risiko kebakaran akan lebih kecil. Kemudian, elektrolitnya menggunakan cetakan terintegrasi lapisan padat kering dengan baterai yang dihasilkan memiliki resistansi internal yang berukurang, sehingga pengisian daya ultra-cepat dapat dilakukan.

IM L6 mobil listrik pertama yang diproduksi massal dengan menggunakan baterai solid-state. (Foto: IM Motors)

Teknologi baterai ini memecahkan masalah perluasan material berbasis silikon yang tinggi sehingga menjamin stabilitas, dan memungkinkan kinerja pengisian atau pengosongan yang lebih baik, yang pada akhirnya menjamin keamanan baterai ini yang lebih baik.

Baterai Solid-State ini diklaim mampu diisi dengan pengisian daya super cepat 900 V. Dengan memiliki elektrolit padat, baterai tidak mungkin bocor sehingga meningkatkan keselamatan dan juga membuat baterai tidak mudah terbakar atau meledak.

IM Motors juga memiliki teknologi perlindungan keselamatan lima kali lipat untuk melindungi baterai dengan bahan insulasi panas dan tahan api. Di Geneva Motor Show 2024, IM L6 diperkenalkan dengan baterai solid-state yang bisa menjangkau jarak 1.000 km (CLTC).

Untuk diketahui, IM Motors didirikan pada tahun 2020 sebagai perusahaan patungan antara SAIC Motor, Alibaba Group, dan Zhangjiang Hi-Tech. Model pertama adalah sedan L7 yang mulai dijual pada tahun 2022 dan kemudian disusul model SUV LS7 dan LS6.

DICKY KURNIAWAN | CARNEWSCHINA 

Pilihan Editor: Minat Kendaraan Listrik Makin Tinggi, Shell Tutup Lebih dari 1.000 SPBU

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi