BMW Security Vehicle Training, Pelatihan Khusus Situasi Ekstrem
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 29 Maret 2024 12:00 WIB
BMW Security Vehicle Training. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBMW telah menetapkan standar dalam pengembangan dan produksi kendaraan perlindungan khusus yang menggabungkan pengalaman berkendara khas merek tersebut dengan standar keselamatan tertinggi selama lebih dari empat dekade.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengemudi profesional memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus agar dapat memanfaatkan potensi penuh kendaraan lapis baja ini, yang dilengkapi dengan fungsi khusus terkait keselamatan, dalam penggunaan sehari-hari.

BMW Security Vehicle Training menjadi sangat penting bagi para pengendara pengawalan. Program pelatihan ini dirancang bagi pengemudi profesional yang ingin meningkatkan keterampilannya dalam menangani kendaraan perlindungan khusus agar siap secara optimal menghadapi situasi ekstrem.

Di bawah bimbingan instruktur, mereka belajar untuk menguji dan meningkatkan keterampilan mengemudi mereka dalam skenario latihan yang realistis, bahkan dalam kondisi yang menantang – seperti dalam situasi melarikan diri. Dengan maksimal delapan peserta per rombongan dan dua penumpang per kendaraan, dijamin pengalaman belajar yang intensif dan personal.

BMW Security Vehicle Training menggungkan Seri 7. (Foto: BMW)

Kursus pelatihan dasar selama dua hari ini berfokus pada teknik dasar mengemudi dengan menggunakan kendaraan perlindungan khusus. Karena pelindungnya dan bobot tambahan yang terkait, kendaraan dengan perlindungan khusus memiliki perilaku mengemudi khusus yang harus diperhitungkan saat menanganinya. 

Latihan hari pertama mencakup berbagai elemen mengemudi, termasuk pengereman darurat dan manuver mengelak, serta latihan dalam kegelapan. Program latihan malam meliputi pengereman dan manuver mengelak di jalur slalom, bergantian antara lampu jauh, lampu sorot rendah, dan lampu parkir. Untuk mensimulasikan kemampuan mengorientasikan dan bereaksi terhadap skenario ancaman di rute yang asing, para peserta juga dihadapkan pada ledakan di jalan hutan yang membingungkan.

Pada hari kedua, selain handling kecepatan tinggi dan manuver mengelak di tikungan, kurikulum juga mencakup skenario ancaman nyata dengan simulasi serangan kendaraan. 

Putaran J adalah manuver melarikan diri yang efektif yang melibatkan memutar kendaraan dari mundur ke depan tanpa kehilangan kecepatan untuk melarikan diri dari situasi berbahaya ke arah yang berlawanan. Komponen penting lainnya dari modul dasar mencakup antisipatif mengemudi dan kemampuan untuk mempertahankan pandangan sempurna bahkan di bawah tekanan.

Berdasarkan hal ini, BMW Security Vehicle Training Level 2 melengkapi dan memperdalam keterampilan yang diperoleh dalam kursus dasar. Kursus lanjutan tiga hari juga mencakup situasi ekstrem seperti manuver melarikan diri di bawah tembakan dan latihan mengemudi dengan kontak dengan kendaraan.

Konten pembelajaran juga dilengkapi dengan pelatihan off-road dengan BMW X5 Protection VR6. Para peserta pelatihan harus melewati berbagai tanjakan dengan kendaraan pelindung khusus, yang bobotnya sekitar satu ton lebih berat daripada model dasarnya karena lapis bajanya, dan berkendara dengan sudut tepat di bawah sudut jungkir balik. Selain itu, penyeberangan pasir dan manuver penguncian, di mana hanya dua roda yang menyentuh tanah di medan yang kasar, juga dilakukan.

Pilihan Editor: Sedan Listrik BMW i5 Diperkenalkan di Indonesia, Simak Spesifikasinya!

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi