5 Tips Mudik Lebaran Nyaman dan Aman dengan Mobil Listrik
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 29 Maret 2024 15:25 WIB
Hankook Ventus ION khusus untuk mobil listrik. (Foto: Hankook)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil listrik diprediksi akan menjadi salah satu kendaraan yang meramaikan perjalanan mudik Idul Fitri 2024. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik dari produsen ke distributor (wholesale) pada Januari 2024 melonjak sebesar 684% dibandingkan Januari 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Produsen ban, Hankook mengklaim mendampingi masyarakat menjalankan tradisi mudik tahun ini.

“Hankook siap menunjang pasar kendaraan listrik dengan menciptakan produk ban mobil listrik yang berkualitas, dan dapat dijangkau melalui dealer resmi Hankook atau jaringan distributor terdekat,” ujar Yoonsoo Shin, President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia dalam keterangan resminya, Jumat, 29 Maret 2024.

Hankook mengajak para pengendara mobil listrik untuk merencanakan perjalanan mudik jarak melalui tips berikut:

Pertama, buat manajemen perjalanan sebelum berangkat. Mulai dari mengetahui kapasitas baterai, jarak tempuh yang dapat dicapai saat kondisi baterai penuh, dan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai.

Saat ini mobil listrik tersedia dalam varian standard range (100-300 KM) dan long range (di atas 300-600 KM), dengan kapasitas baterai di rentang 30-100 kWh. Langkah ini akan menyelamatkan pengendara dari range anxiety, yaitu kekhawatiran mobil tidak bisa mencapai jarak tertentu dengan sisa daya baterai yang tersimpan. 

Saat berkendara jarak jauh seperti mudik, pengendara disarankan untuk mengisi ulang baterai hingga 80%, ketimbang penuh 100%. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan baterai jangka panjang. Serta, lebih menghemat waktu, karena pengisian daya baterai 80%-100% relatif lebih lambat dibandingkan dengan 0%-80%. 

Kedua, riset terlebih dahulu lokasi SPKLU pengisian baterai dengan jenis-jenis soket pengisi daya (port charging), seperti CHAdeMO, CCS, dan AC Charging. SPKLU umumnya terbagi menjadi empat kategori meliputi, slow charging (≥ 7 kW), medium charging (≥ 25 kW), fast charging (≥ 50 kW), dan ultrafast charging (≥100 kW).

Baru-baru ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan 25 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di sepanjang Tol Trans Jawa untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran tahun ini.

Ketiga, perhatikan kecepatan dan gaya berkendara. Berbeda dengan mobil konvensional yang lebih boros energi saat melaju dengan kecepatan rendah di jalanan macet, mobil listrik justru lebih boros energi saat digunakan di kecepatan tinggi seperti di jalan tol.

Sebab, mobil listrik mendapatkan torsi secara instan dengan semakin besarnya hambatan udara yang dihadapi kendaraan. Maka, hindari menyetir secara agresif dan jaga rata-rata kecepatan Anda secara stabil di rentang 60 hingga 80 km per jam. Selain untuk menghemat energi, juga senantiasa aman di jalan karena sesuai dengan anjuran rambu lalu lintas.

Keempat, gunakan ban khusus mobil listrik. Ban ini membantu performa mobil listrik secara optimal. Mobil listrik membutuhkan karakteristik ban khusus yang berbeda dengan ban mobil konvensional.

Ban mobil listrik memiliki rolling resistance yang lebih baik ketimbang ban mobil konvensional. Selain itu, ban mobil listrik juga mampu bergulir lebih senyap dan didesain kuat untuk menahan beban mobil listrik yang cukup berat karena adanya baterai yang berukuran rata-rata 200-500 kg. 

Kelima, periksa tekanan angin ban sebelum berangkat untuk menjaga kinerja dan keamanan kendaraan.

Tekanan angin ban mobil berbeda-beda bergantung jenis, dimensi mobil, dan bobot muatan. Pastikan untuk mengikuti rekomendasi tekanan angin yang diberikan oleh pabrikan.

Pilihan Editor: 4 Tips Berkendara yang Aman Bersama Anak

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi