6 Tips Membuat Interior Mobil Nyaman Saat Mudik Lebaran
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 31 Maret 2024 15:00 WIB
Mobil bertenaga listrik BYD seri Dolphin resmi di luncurkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024. BYD Dolphin Mobil ini menampilkan interior yang dilengkapi dengan layar sentuh di tengah berukuran 12,8 inci yang dapat dirotasi vertikal dan horizontal, serta panoramic sunroof berukuran besar. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Saat akan melakukan mudik Lebaran, membuat interior mobil menjadi lebih nyaman sangat penting dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan penataan ruang ergonomis, hingga menentukan suhu AC yang tepat. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kabin mobil yang nyaman tentu akan membuat perjalanan mudik jadi lebih optimal. Berikut beberapa tips untuk menciptakan kenyamanan di dalam mobil dikutip dari Auto2000:

1. Penataan Ergonomis

Penataan interior yang ergonomis sangat penting untuk memastikan kenyamanan selama berkendara. Pastikan posisi duduk pengemudi dapat disesuaikan dengan mudah dan memberikan dukungan yang kuat bagi tubuh. 

Selain itu, atur juga penempatan kontrol seperti setir, pedal, dan tuas transmisi agar mudah dijangkau.

2. Sistem Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik di dalam mobil dapat menciptakan suasana yang nyaman dan membantu mengurangi kelelahan mata selama perjalanan malam hari. 

Pastikan ada pilihan pencahayaan yang cukup, termasuk lampu baca dan lampu atap, serta pertimbangkan untuk menggunakan lampu LED yang lebih ramah lingkungan dan memiliki warna yang lebih natural.

3. Sistem Pendinginan dan Pemanasan yang Efisien

Sistem pendinginan yang baik sangat penting untuk menjaga suhu interior mobil tetap nyaman, terutama saat cuaca ekstrem. Pastikan sistem AC berfungsi dengan baik dan secara berkala melakukan perawatan untuk menjaga performa optimalnya.

Selain itu, jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan jendela kaca film atau kaca UV yang dapat membantu mengurangi panas dari sinar matahari.

4. Penyaring Udara Kabin

Instalasi penyaring udara kabin dapat membantu menjaga udara di dalam mobil tetap bersih dan segar dengan menyaring debu, polutan, dan alergen dari udara luar. Ganti penyaring secara berkala sesuai dengan rekomendasi produsen untuk memastikan efektivitasnya

5. Sistem Audio yang Berkualitas

Perjalanan dengan musik favorit atau podcast bisa dilakukan dengan penambahan sistem audio yang optimal pada mobil. Pilih sound system yang dapat menghasilkan suara jernih dan bass yang dalam untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan musik di dalam mobil.

6. Ruangan Kargo yang Terorganisasi

Menjaga ruang kargo mobil tetap teratur dan terorganisasi menjadi penting untuk membuat pengalaman berkendara jadi lebih nyaman dan efisien. Pengemudi bisa mengelompokkan barang-barang sesuai dengan jenis atau kegunaannya.

Pilihan Editor: Profil Marc Marquez, yang Tabrakan dengan Bagnaia di MotoGP Portugal

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi