Citroen Bakal Pakai Pabrik Indomobil untuk Perakitan Mobil Listrik
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 4 April 2024 07:00 WIB
Citroen eC3 diperkenalkan di GIIAS, ICE, BSD City, Tangerang Selatan, 10 Agustus 2023. TEMPO/Rafif Rahedian
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Merek mobil asal Prancis, Citroen, bakal menempati fasilitas milik Indomobil Group yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat untuk perakitan mobil listrik di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diketahui, Citroen sebelumnya telah memperkenalkan mobil listrik E-C3 Electric pada GIIAS 2024. Namun mobil tersebut masih berstatus Completely Build Up (CBU) alias diimpor langsung dari India.

Tan Kim Piauw, CEO Citroen Indonesia menyebut, perakitan dalam negeri rencananya akan dimulai pada 1 Juli 2024.

“Sampai bulan Juni semua produksi percobaan ini akan kita lakukan, lalu target kami mestinya Juli sudah bisa lakukan produksi massal seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) sebutkan,” ucap Tan di Jakarta, Selasa, 2 April 2024.

Sayangnya, Tan belum menjelaskan secara rinci berapa kapasitas produksi, serta nilai investasi. Dia hanya menyebut, jika pihaknya sedang menguji untuk memproduksi dua unit mobil sebelum akhirnya diproduksi massal.

“Sekarang lagi uji coba, jadi kita lagi berhasil memproduksi unit pertama kita sebut X0 dan sudah dirakit dan kita tes berjalan sangat baik. Lalu di bulan April 2024 habis Lebaran kita akan tes lagi unit namanya X1 sebanyak 2 unit, jadi kita sebelum sampai produksi massal kita akan lakukan produksi 4 tahap,” tutur Tan.

Diketahui, Indomobil Group memiliki dua fasilitas perakitan mobil, yakni di Pulogadung dan Purwakarta. Citroen Indonesia akan menggunakan fasilitas yang ada di Purwakarta, Jawa Barat.

Pilihan Editor: Citroen Buka Experience Center di Pantai Indah Kapuk

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi