Puncak Arus Balik Lebaran 2024 Diprediksi Terjadi 15 April
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 13 April 2024 13:00 WIB
Pemudik roda empat antre menunggu untuk menaiki kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Jumat 12 April 2024. Berdasarkan data Posko ASDP selama 12 jam, memasuki H+1 lebaran 2024, sebanyak 9.523 unit kendaraan menggunakan jasa angkutan kapal laut menyeberang ke Pulau Jawa. ANTARA FOTO/ Ardiansyah
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Korlantas Polri memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi pada Senin, 15 April 2024. Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengimbau pemudik untuk menghindari puncak arus balik tersebut dengan pulang lebih awal atau lebih lambat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Jangan tunggu puncak (arus balik) atau kami juga mengimbau menunda balik setelah itu atau tanggal 17, 18, 19 (April 2024)," kata Aan, dikutip dari Tempo.co pada hari ini, Sabtu, 13 April 2024.

Aan Suhanan juga meminta pemudik untuk memanfaatkan diskon tarif tol yang diberlakukan pada 17 hingga 19 April 2024. Hal ini bertujuan menghindari penumpukan kendaraan pada saat puncak arus balik.

"Silakan para pegawai, mungkin kementerian, lembaga, swasta, yang mungkin bisa bekerja melalui rumah, work from home, itu bisa dilaksanakan," ujarnya.

Dia juga mengimbau pengendara untuk memastikan kondisi kesehatan dan kendaraannya. Pengendara diminta untuk tidak memaksakan diri terus berkendara jika konsentrasi sudah berkurang dan merasa lelah.

Pengendara mobil disarankan untuk beristirahat setelah empat jam perjalanan, sementara untuk pengendara sepeda motor disarankan beristirahat setelah dua jam perjalanan.

"Untuk angkutan umum, itu masa kerja itu delapan jam. Kalau sudah delapan jam berarti pakai sopir cadangan. Ini teman-teman para pengusaha bus, travel, harus ada sopir cadangan, sehingga keselamatan bisa tetap kita jamin," ucap Aan Suhanan memungkasi.

DICKY KURNIAWAN | TEMPO.CO

Pilihan Editor: Ganjil Genap di Jalan Tol Tetap Berlaku saat Arus Balik Lebaran 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi