One Way dan Contraflow Arus Balik Lebaran 2024 Diperpanjang Sampai Malam Ini
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 14 April 2024 16:08 WIB
Pengemudi melintasi jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 5 April 2024. Tol sepanjang 22 kilometer yang menghubungkan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah sampai dengan Ngawen, Klaten itu disebut mampu memangkas waktu perjalanan hingga 25 menit.ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Korlantas Polri memperpanjang masa pemberlakukan rekayasa lalu lintas arus balik Lebaran 2024 hingga malam ini, Minggu, 14 April 2024 pukul 24.00 WIB. Rekayasa lalu lintas yang diberlakukan berupa sistem satu arah atau one way dan juga contraflow 2 lajur.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sistem one way berlaku dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sampai dengan KM 72 Tol Cipali. Sementara itu, untuk contraflow 2 lajur berlaku dari KM 72 Tol Cipali sampai dengan KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

"Pelaksanaan one way dan contraflow bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian. Bagi para pengendara diimbau untuk selalu berhati-hati dan mematuhi arahan petugas di lapangan," tulis Korlantas Polri dalam pengumuman yang diunggah di akun Instagram resmi, @korlantaspolri.ntmc.

Rekayasa lalu lintas ini telah diberlakukan sejak Sabtu, 13 April 2024. Kepolisian memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini karena melihat masih adanya peningkatan volume kendaraan lalu lintas arus balik Lebaran 2024.

"Berdasarkan pantauan CCTV dan pantauan anggota di lapangan, sumber arus lalu lintas bangkitan dari arah selatan, yaitu Cileunyi dan arah timur (Colomadu-Solo, dan Semarang), yang menuju arah barat (Jakarta), masih ada peningkatan," tulis Korlantas Polri.

Pelaksanaan one way dan contraflow ini akan dilihat volume lalu lintas selama tiga jam berturut-turut. Apabila volume lalu lintas mengalami penurunan, maka akan dilakukan penutupan rekayasa lalu lintas lebih awal.

Sebaliknya, apabila volume lalu lintas masih mengalami peningkatan, maka rekayasa lalu lintas akan tetap diberlakukan dan diteruskan sampai dengan batas waktu pukul 24.00 WIB, Minggu, 14 April 2024.

Pilihan Editor: Puncak Arus Balik Lebaran 2024 Diprediksi Terjadi 15 April

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi