Polisi Imbau Pemudik Jaga Emosi dan Toleransi saat Arus Balik
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 14 April 2024 17:00 WIB
Petugas kepolisian mengatur arus lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang-Batang, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu 13 April 2024. Pemerintah bersama Korlantas Polri menerapkan skema lalu lintas satu arah (one way) dari Tol Trans Jawa KM 414 GT Kalikangkung Semarang-Batang sampai dengan KM 72 ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu (13/4) dimulai pukul 15.00 WIB dan untuk tanggal 14-16 April 2024 selama 24 jam guna memperlancar arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Jasa Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), telah memberlakukan aturan rekayasa lalu-lintas Arus Balik Mudik, Sabtu, 13 April 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembukaan ini dilakukan pada Km 414 Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, dan akan diberlakukan skema one way alias satu jalur hingga Km 72 Tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Meski telah diberlakukan rekayasa lalu lintas, namun kepadatan lalu lintas tetap tak bisa terbendung. Oleh karenanya, Kepala Korlantas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol Aan Suhanan mengimbau kepada para pemudik untuk menjaga toleransi dengan sesama pengendara lain.

“Jaga toleransi untuk saling memahami dan menghormati karena biasanya orang abis mudik ini sudah lelah beraktivitas," ujar Aan dilansir dari Korlantas Polri, Minggu, 14 April 2024.

"Jangan sampai tempramental di jalan silakan bertoleransi dengan para pengguna yang lain mudah-mudahan perjalanan ke barat ini bisa selamat lancar sampai ke tempat tujuan,” Aan menambahkan.

Selanjutnya, Aan Suhanan mengingatkan kepada masyarakat yang menuju Jabodetabek untuk menjaga kesehatan agar tetap prima. Apabila lelah bisa beristirahat di rest area dan tidak menggunakan bahu jalan.

“Kami terus ingatkan kepada masyarakat yang akan kembali ke Jabodetabek maupun ke daerah ke barat ini tetap jaga kesehatan jangan berkendara apabila konsentrasi stamina sudah mulai berkurang," kata dia.

"Silakan gunakan rest area jadi kanan kiri bisa digunakan artinya yang sedang melaksanakan one way juga bisa masuk rest area dari exit rest area begitu juga yang eksisting jadi silakan istirahat tidak berhenti di bahu jalan,” Aan Suhanan menegaskan.

Pilihan Editor: Puncak Arus Balik Lebaran 2024 Diprediksi Terjadi 15 April

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi