Jalur Arteri Disiapkan untuk Antisipasi Kemacetan Jalan Tol Saat Arus Balik Lebaran
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 16 April 2024 06:46 WIB
Suasana kepadatan arus lalu lintas di Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 7 Mei 2022. Ruas jalan arteri Kalimalang arah Bekasi terpantau mengalami kepadatan kendaraan hingga sekitar empat kilometer imbas dari diberlakukannya sistem satu jalur (one way) di Tol Jakarta-Cikampek. TEMPO / Hilman Fathurrahman W
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa kepolisian menyiapkan jalur arteri guna mengantisipasi kemacetan di jalan tol saat arus balik Lebaran 2024. Jalur arteri akan dibuka jika terjadi lonjakan jumlah kendaraan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Apabila jalur tol tetap penuh, kami mempersiapkan jalur arteri untuk menjadi alternatif di titik-titik tertentu," kata Listyo Sigit, dikutip dari Antara hari ini, Selasa, 16 April 2024.

"Nanti akan kami buka untuk memberikan ruang apabila nanti terjadi kepadatan dan lalu lintas tidak bisa bergerak atau stuck. Maka, kami akan buka untuk masuk jalur arteri untuk beberapa waktu," ucapnya menambahkan.

Listyo menuturkan bahwa jalur alternatif tersebut akan dibuka berdasarkan hasil penghitungan (counting) jumlah kendaraan. Petugas di jalan tol dan jalur arteri akan saling menginformasikan kondisi terkini.

"Kami atur kalau memang di jalur arteri maksimal itu per jamnya hanya 800 kendaraan. Kami juga memiliki penghitungan apabila lebih dari itu, kami tidak akan masukkan," ujarnya.

Rekayasa lalu lintas lainnya seperti sistem satu arah (one way) dan lawan arah (contraflow) tetap diberlakukan. Listyo berharap agar masyarakat dapat memahami upaya kepolisian dalam mengantisipasi maupun mengurai kepadatan arus balik tersebut.

"Mohon juga masyarakat bisa memaklumi karena memang itu harus kami lakukan agar yang akan melaksanakan balik, yang akan melaksanakan kegiatan di jalur wisata, semuanya bisa terlayani," ucap Listyo memungkasi.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: Marc Marquez Terjatuh di MotoGP Amerika karena Masalah Rem

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi