Tesla Batal Bikin Mobil Listrik Murah Efek Perang Harga
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 19 April 2024 13:00 WIB
Tesla Model 3. (Foto: Tesla)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tesla telah membatalkan rencananya untuk membuat mobil listrik murah yang telah lama dijanjikan untuk mendorong pertumbuhan pasarnya. Kabar ini datang di tengah ketatnya persaingan pasar mobil listrik dari produsen Tiongkok.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Reuters pada hari ini, Jumat, 19 April 2024, Tesla akan terus mengembangkan robotaxi self-driving pada platform kendaraan kecil yang sama.

Pembatalan ini juga menjadi pengabaian dari tujuan lama Tesla untuk membuat mobil listrik yang terjangkau bagi konsumen.

Rencana induk Tesla, pertamanya Tesla ingin membuat model mobil listrik mewah pada tahun 2026. Kemudian, keuntungan dari penjualan mobil listrik mewah itu akan digunakan untuk membiayai pembuatan mobil keluarga berbiaya rendah.

Elon Musk telah berulang kali menjanjikan kendaraan semacam itu kepada investor dan konsumen. Pada Januari lalu, Musk mengatakan kepada investor bahwa Tesla berencana untuk memulai produksi model terjangkau di pabriknya di Texas pada paruh kedua tahun 2025.

Mobil listrik termurah Tesla saat ini adalah Tesla Model 3, yang dijual dengan harga sekitar $ 39.000 atau sekitar Rp 632 juta di Amerika Serikat. Padahal, sebelumnya Tesla merencanakan mobil listrik entry-level yang dikabarkan punya banderol sekitar $ 25.000 atau setara Rp 400 jutaan.

DICKY KURNIAWAN | REUTERS

Pilihan Editor: Mobil Listrik Xiaomi SU7 Ludes Terjual dalam Waktu 24 Jam

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi