Hyundai Perkenalkan Nano Cooling Film, Bisa Tekan Panas Kabin hingga 10 Persen
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 22 April 2024 18:00 WIB
Nano Coating Film by Hyundai. (Foto: Hyundai)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHyundai Motor Company (Hyundai Motor) mengabarkan, Senin, 22 April 2024, telah memperkenalkan kaca film mobil yakni Nano Cooling Film pertama di dunia. Diyakini sebagai produk kaca film revolusioner yang menawarkan peningkatan signifikan dalam kinerja pendinginan interior dibandingkan film berwarna konvensional.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nano Cooling Film memaksimalkan pembuangan panas dengan menggabungkan struktur nano dengan karakteristik perpindahan panas yang sangat baik. 

Film transparan inovatif ini diharapkan lebih efektif pada iklim panas dan kering, karena efek pendinginannya dioptimalkan pada suhu luar ruangan yang lebih tinggi.

Sebagai pembuktian keefektifannya dalam penerapan di dunia nyata, perusahaan hari ini meluncurkan kampanye 'Made Cooler By Hyundai', menerapkan kaca film tersebut pada 70 kendaraan pelanggan di Lahore, Pakistan, yang suhu hariannya pada musim panas bisa mencapai 50°C.

Nano Cooling Film melampaui film warna konvensional dalam kemampuannya memblokir panas sekaligus menjaga transparansi tinggi dan penglihatan tanpa hambatan. 

Nano Coating Film by Hyundai saat pemasangan. (Foto: Hyundai)

Tidak seperti warna gelap yang dapat berdampak negatif pada visibilitas malam hari dan melepaskan panas yang terserap ke dalam kendaraan, Nano Cooling Film secara efektif memblokir energi panas eksternal dan memancarkan panas radiasi internal ke luar. 

Hal tersebut dicapai melalui komposisi unik berupa tiga lapisan yang secara selektif memblokir atau memancarkan panas matahari dengan panjang gelombang tertentu.

Eksperimen Hyundai Motor dengan Nano Cooling Film telah membuktikan keefektifannya. Dalam sebuah penelitian yang membandingkan suhu interior kendaraan pada siang hari pada musim panas, ditemukan bahwa Nano Cooling Film mengurangi suhu di dekat kepala pengemudi hingga 10,98°C dibandingkan dengan film warna konvensional, dan hingga 12,33°C dibandingkan dengan film berwarna konvensional.

Selain itu, suhu di landasan tabrakan di kendaraan dengan Nano Cooling Film adalah 15,38°C lebih rendah dibandingkan kendaraan yang sama dengan pewarnaan konvensional, dan 22°C lebih rendah dibandingkan kendaraan yang sama tanpa pewarnaan.

Nano Cooling Film mengurangi suhu interior lebih dari 10°C tanpa membuat jendela menjadi gelap dan mematuhi hukum setempat.

Kampanye ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Nano Cooling Film secara efektif mengontrol suhu interior kendaraan sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara dan mengurangi konsumsi energi yang disebabkan oleh penggunaan AC yang berlebihan.

Hyundai Motor berencana menggunakan data empiris dari kampanye percontohan ini untuk memastikan kualitas dan memasuki produksi massal kaca film tersebut di masa depan.

Pilihan Editor: Membeli Kaca Film yang Sehat

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi