Mazda CX-80 Terbaru Debut di Eropa, Usung Mesin Diesel Hybrid
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 23 April 2024 15:00 WIB
Mazda CX-80 jadi flagship SUV di Eropa. (Foto: Mazda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - All New Mazda CX-80 sudah dipasarkan di Eropa, Jepang, dan Australia. Di Eropa, SUV baru ini ditawarkan dalam berbagai konfigurasi tiga baris dan tersedia dalam pilihan powertrain diesel hybrid ringan dan plug-in hybrid.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Carscoops hari ini, Selasa, 23 April 2024, Mazda CX-80 berbagi panel bodi dengan CX-60, termasuk seluruh bagian depan. Namun, CX-80 memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang dan overhang belakang yang memanjang, sehingga membuatnya mirip dengan CX-70 dan CX-90 yang tersedia di Amerika Utara.

Profil CX-80 dibedakan dengan pintu belakang yang lebih panjang dan rumah kaca khusus model yang menampilkan krom lebih tebal di jendela samping belakang. Di bagian belakang, lampu belakang sama dengan CX-60, namun terdapat fasia yang didesain ulang dan pintu yang lebih tegak.

Mazda CX-80 baru ini berukuran panjang hampir 5.000 mm, dengan jarak sumbu roda 3.000 mm. Model ini lebih besar bila dibandingkan dengan CX-60 yang punya panjang 4.745 mm dan jarak sumbu roda 2.870 mm.

SUV baru ini tersedia dengan konfigurasi interior tiga baris berbeda, dapat menampung enam atau tujuh penumpang. Baris kedua dapat dikonfigurasikan dengan tiga kursi standar atau dua kursi tipe captain seat, yang dipadukan dengan konsol tengah atau walk-through ke baris ketiga.

Sementara itu, dua kursi baris ketiga dapat dilipat rata saat tidak digunakan, sehingga memperluas area kargo.

Dasbor pada CX-80 mengadopsi milik CX-60, menampilkan material premium dan tampilan infotainment terbaru Mazda. Peralatan yang tersedia mencakup kontrol suara Alexa, navigasi hybrid yang menggabungkan manfaat layanan offline dan online, serta sistem Trailer Hitch View baru.

Model ini juga mendapatkan rangkaian lengkap i-Activsense ADAS, dengan Mazda menargetkan peringkat bintang lima dalam uji tabrak Euro NCAP.

CX-80 versi entry-level e-Skyactiv D dibekali mesin diesel 3,3 liter enam silinder yang menghasilkan tenaga 251 HP dan torsi 550 Nm. Mesin tersebut dibantu oleh sistem hybrid ringan M Hybrid Boost 48V dari Mazda, dan tenaganya disalurkan ke empat roda melalui transmisi otomatis delapan kecepatan.

Mazda mengklaim e-Skyactiv PHEV lebih bertenaga dan efisien yang dapat menghasilkan tenaga 323 HP dan torsi 500 Nm, memungkinkan akselerasi 0-100 km per jam dalam waktu 6,8 detik. Konfigurasinya terdiri dari mesin bensin empat silinder 2,5 liter, motor listrik, dan baterai 17,8 kWh yang menawarkan jangkauan listrik hingga 60 km.

Penjualan Mazda CX-80 akan dimulai pada Mei 2024, dengan unit pertama akan mencapai dealer Eropa pada musim gugur 2024. SUV ini juga akan tersedia di pasar dalam negeri Jepang dan diharapkan mencapai Australia sebelum akhir tahun.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Pilihan Editor: 3 Kekhawatiran Max Verstappen Sebelum Juara Formula 1 Cina

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi