6 Bahan Sederhana Membersihkan Mika Lampu Mobil Buram
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 25 April 2024 13:00 WIB
Produsen mobil listrik asal Tiongkok, Build Your Dreams (BYD) resmi memperkenalkan mobil listrik di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024Bicara tampilan, Seal mengusung lampu depan ganda dan lampu belakang tersusun dalam matriks titik dan menjalar ke seluruh bagian belakang. Interiornya terdapat layar sentuh 15,6 inci dengan fungsi rotasi, serta dilengkapi BYD intelligence cokcpit system dan Windshield Head-Up Display (W-HUD). TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Salah satu bagian mobil yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu mika lampu mobil. Lampu merupakan bagian yang memiliki peran krusial untuk memberikan penerangan saat berkendara, terutama pada saat malam hari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bila mika lampu mobil kusam, komponen tersebut tidak dapat memberikan penerangan yang maksimal. Selain itu, mika yang kusam pun membuat mobil terlihat kurang estetik.

Untuk membersihkan kaca lampu yang kusam, ada beberapa bahan sederhana yang bisa Anda manfaatkan. Pemilik kendaraaan bisa menemukannya di warung terdekat atau di toko aksesoris otomotif.

Berikut bahan-bahan sederhana untuk membersihkan mika lampu mobil yang buram dilansir dari Suzuki.co.id:

1. Pasta Gigi

Siapa sangka jika pasta gigi ternyata dapat dimanfaatkan untuk membersihkan mika lampu yang sudah kusam pada mobil hanya membutuhkan air bersih, pasta gigi, serta lap microfiber.

Balurkan pasta gigi dengan merata pada permukaan mika lampu. Biarkan terlebih dahulu selama beberapa menit. Lap menggunakan microfiber, lalu bilas menggunakan air bersih dan bersihkan kembali menggunakan microfiber.

2. Lotion Anti Nyamuk

Selain pasta gigi, Anda juga dapat menggunakan lotion anti nyamuk untuk membersihkan mika lampu yang kusam dan kekuningan. Bahan ini diklaim cukup ampuh untuk membersihkan mika lampu yang buram. 

Pemilik kendaraan hanya membutuhkan lotion anti nyamuk secukupnya dan lap dengan microfiber. Banyaknya lotion yang dibutuhkan, tergantung dari luas area mika yang akan dibersihkan.

3. Amplas Paling Halus

Bahan lainnya yang dapat digunakan yaitu amplas yang paling halus. Caranya yaitu basahi amplas dan mika lampu menggunakan air bersih. Selanjutnya, amplas permukaan mika lampu dengan hari-hati. 

Jangan sampai kena pada bodi mobil karena bisa menyebabkan catnya terkelupas. Setelah selesai digosok, Anda bisa membersihkannya menggunakan lap bersih dan halus.

4. Cuka

Cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan kaca lampu yang sudah kusam. Anda bisa mencampurkannya 3 sendok dan cuka dengan 1 liter air. Sediakan juga 2 lap microfiber dan semprotan.

Campurkan air dan cuka ke dalam botol semprot, lalu semprotkan pada mika lampu mobil. Gosok secara lembut menggunakan microfiber. 

5. Compound

Compound atau kompon berfungsi untuk menghilangkan oksidasi pada plastik, kaca, ataupun mika lampu mobil. Cara menggunakannya yaitu oleskan pada mobil dan gosok perlahan menggunakan kain halus secara vertikal (naik-turun).

6. Cairan Pembersih Khusus

Bahan paling efektif untuk membersihkan mika lampu yang kusam yaitu menggunakan cairan pembersih khusus. Anda bisa mendapatkannya di tempat cuci mobil atau di toko aksesoris mobil. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih khusus pada permukaan yang ingin dibersihkan. Diamkan beberapa saat, lalu usap menggunakan microfiber halus.

Pilihan Editor: MotoGP: Alex Marquez Masih Kesulitan dengan Motor Ducati GP23

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi