Baterai LFP Baru Buatan CATL Bisa Tempuh 600 Km dengan Pengisian Daya 10 Menit
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 29 April 2024 06:00 WIB
CATL kembangkan baterai EV. (Foto: Autoblog)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - CATL menghadirkan baterai LFP (Lithium Ferro-Phosphate) bernama Shenxing Plus dalam pameran Beijing Auto Show 2024. Baterai baru ini diklaim bisa menempuh jarak hingga 600 km dengan pengisian daya 10 menit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Carscoops hari ini, Senin, 29 April 2024, baterai LFP baru tersebut menggunakan litium-besi fosfat canggih dengan bahan berbentuk sarang lebah 3D yang ditambahkan ke anoda, sehingga memungkinkannya meningkatkan kepadatan energi. Paket ini juga mencakup teknologi gradasi granular baru yang menempatkan setiap partikel nanometer pada posisi optimal untuk meningkatkan kepadatan.

Baterai Shenxing Plus juga menggunakan casing satu bagian. Baterai mobil listrik baru ini diklaim memiliki kepadatan energi sebesar 205 Wh per kilogram, sehingga memberikan jangkauan hingga lebih dari 1.000 km pada siklus pengujian di Tiongkok.

Bukan hanya kepadatan energi dan jangkauan baterai yang membuatnya menarik, tetapi juga janji pengisian daya yang sangat cepat. Hanya dengan mengisi 10 menit, baterai LFP ini dapat memberikan jarak berkendara sejauh 600 km, yang kira-kira setara dengan jangkauan 1 kilometer per satu detik pengisian daya.

Untuk bisa mencapai kinerja pengisian seperti itu, CATL menggunakan lapisan konduktif litium-ion baru dan telah memperluas area arus berlebih serta kapasitas terminal untuk menghilangkan arus berlebih selama pengisian arus tinggi.

CATL sendiri belum memastikan kapan mobil listrik pertama dengan baterai Shenxing Plus ini akan diluncurkan. 

Selain meluncurkan baterai baru, CATL juga mengatakan telah memulai membangun jaringan Shenxing Superfast Charging baru yang akan menjadi layanan pengisian super cepat terbesar di Cina. Mereka juga sedang mengembangkan klub pemilik kendaraan pengisi daya supercharging Shenxing yang beroperasi di lebih dari 600 outlet layanan.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Spanyol: Bagnaia Menangkan Pertarungan dengan Marc Marquez

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi