Simak Jenis Oli yang Cocok untuk Mobil Drift
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 30 April 2024 06:30 WIB
Mobil melakukan drifting di area Sirkuit Sentul. (Gooto/Rafif Rahedian)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil drift memerlukan performa mesin tangguh, karena dalam prakteknya drifting memerlukan RPM dan torsi yang tinggi. Maka dari itu, mobil drifting memerlukan metode perawatan yang berbeda, salah satunya dengan pemilihan jenis pelumas yang tepat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sekedar informasi, mesin yang digunakan untuk drifting berbeda dengan mesin standar, di mana mobil drift mengutamakan performa ketimbang durabilitas. Mesin balap lebih sering berputar pada RPM tinggi untuk menjaga roda belakang tetap dalam posisi spin. Ini berdampak pada suhu mesin yang relatif lebih tinggi.

Dengan range viskositas (kekentalan) yang lebar, pelumas yang baik dapat mendistribusikan panas secara efisien. Dengan begitu oli tersebut dapat mengurangi risiko overheating, kerusakan mesin, dan memastikan performa kendaraan tetap optimal.

Demi mendukung performa optimal, pelumas yang digunakan harus terbuat dari base oil dan aditif terbaik. Selain itu oli juga harus memiliki rentang kekentalan yang lebih lebar, sehingga mampu bekerja dengan baik dalam suhu mesin rendah maupun tinggi.

PT Pertamina Lubricants turut menghadirkan pelumas yang cocok untuk para pembalap, salah satunya dengan menciptakan Pertamina Fastron Platinum Racing 10W-60. Oli ini merupakan hasil kerja sama antara Pertamina Lubricants dan Lamborghini Squadra Corse, divisi balap Lamborghini.

“Pertamina Fastron memperkenalkan oli Pertamina Fastron Platinum Racing 10W-60 sebagai salah satu pelumas yang dirancang sebagai pelumas khusus untuk mobil supercar dan berteknologi tinggi, yang cocok untuk medan balap, baik dalam cuaca dingin dan panas yang ekstrem,” kata Nugroho Setyo Utomo, VP Marketing Pertamina Lubricants.

Oli Fastron Platinum Racing 10W-60 diklaim telah terbukti efektif melindungi mesin dalam kondisi ekstrem, seperti di ajang balap Lamborghini Super Trofeo, GT3, World Endurance Championship, dan lainnya.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Spanyol: Bagnaia Menangkan Pertarungan dengan Marc Marquez

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi