Mengenal Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Putih, Tidak Selalu Mesin Rusak
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 4 Mei 2024 13:00 WIB
Suzuki V-Strom 800DE Djebel gunakan knalpot Akrapovic. (Foto: Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pernahkah memperhatikan knalpot motor yang terkadang mengeluarkan asap putih? Kejadian ini bisa muncul sesekali, terutama saat baru dihidupkan, atau bahkan hilang sama sekali.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal ini tentu menimbulkan kebingungan, terlebih lagi jika khawatir asap putih tersebut menandakan adanya masalah pada mesin motor.

Asap putih pada knalpot motor memang bisa menjadi indikator adanya masalah di bagian mesin. Namun, asap ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang sifatnya sementara.

Mengelola asap putih pada knalpot motor tidak hanya berdampak ke performa mesin, namun juga berkontribusi terhadap kualitas udara yang kita hirup. 

Berikut penyebab umum keluarnya asap putih dari knalpot motor diikutip dari Suzuki.co.id.

1. Kondensasi Mesin

Hal ini sering terjadi pada saat mesin motor masih dingin, terutama saat baru dihidupkan atau pada lingkungan yang lembab. Uap air yang terbentuk akibat pembakaran internal mesin akan terkumpul dan keluar sebagai asap putih. Kejadian ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Asap putih akibat kondensasi akan berkurang seiring mesin mencapai suhu operasi normal.

2. Kebocoran Cairan Pendingin

Jika asap putih disertai dengan bau manis dan mesin terasa cepat panas, hal ini bisa jadi indikasi kebocoran cairan pendingin. Kebocoran dapat terjadi pada paking kepala silinder yang rusak, blok mesin yang retak, atau silinder yang bengkok.Cairan pendingin yang tercampur dengan bahan bakar akan terbakar dan keluar sebagai asap putih.

3. Oli Terbakar

Ring piston yang aus, seal katup yang rusak, atau oli mesin yang terlalu penuh dapat menyebabkan oli masuk ke ruang bakar dan terbakar. Asap putih yang dihasilkan biasanya disertai dengan semburat kebiruan dan diikuti dengan konsumsi oli mesin yang lebih boros dari biasanya.Selain itu, di sekitar ujung knalpot ditemui basah oleh oli dan debu menempel kuat.

Pilihan Editor: Motor Listrik BMW CE 02 Mulai Lakukan uji Coba di India

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi