4 Tips Mudah Merawat Knalpot Motor agar Tidak Keropos
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 26 Juni 2023 10:30 WIB
Bentuk knalpot Honda RC213V-S yang terlihat agak kecil dibandingkan RC213V yang digunakan oleh tim Honda dalam MotoGP. Motor yang memiliki berat 170 Kg ini dibalut dengan velg berukuran 17-inch (depan dan belakang) yang dibalut dengan ban berukuran 120/70 (depan) dan 190/55 (belakang). asphaltandrubber.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Seluruh komponen di motor wajib dirawat, salah satunya di bagian knalpot motor. Jika bagian ini tidak diperhatikan dan dirawat dengan baik, akibatnya akan membuat pembakaran menjadi tidak maksimal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu knalpot motor juga menjadi komponen yang mudah berkarat hingga mengakibatkan keropos. Dikutip dari Wahana Honda, terdapat 4 tips mudah merawat knalpot motor agar tidak keropos.

1. Cuci Setelah Kena Hujan

Setiap kali habis hujan, langsung dibersihkan. Air hujan yang mengering di motor bisa menyebabkan kerak di bagian knalpot. Karena kandungan asam yang terdapat di air hujan cukup tinggi karena polusi udara.

Jadi pastikan selalu membersihkan knalpot setelah motor disiram hujan. Knalpot yang tidak rajin dibersihkan akan menimbulkan kerak, dan kerak ini semakin lama akan semakin tebal yang menyebabkan knalpot menjadi berkarat. 

Ini bisa dicegah dengan menyiram knalpot setelah terkena genangan atau air hujan dengan air bersih. Perawatan yang lebih maksimal di bagian knalpot motor setelah terkena air hujan bisa dilakukan dengan menyiram knalpot dengan air bersih kemudian mengeringkannya. Setelah itu, semprotkan cairan anti karat untuk mencegah timbulnya karat.

2. Selalu Panaskan Mesin Secukupnya

Metode perawatan knalpot selanjutnya adalah biasakan memanaskan mesin secukupnya. Memanaskan mesin motor bisa membuat motor tersebut terjaga dan dalam kondisi yang optimal.

Cara ini cukup efektif jika digunakan di motor 4 tak yang knalpotnya tidak akan cepat menguning atau berkarat karena terpapar panas dari mesin. 

3. Oleskan Oli pada Leher Knalpot

Oleskan oli bersih  secara merata. Langkah ini bisa lakukan jika bagian pipa knalpot telah dibersihkan.

Jika selesai mengoleskan oli pada leher knalpot, hidupkan mesin selama dua menit. Oli tersebut akan terserap dan leher knalpot akan menjadi lebih bersih, dengan melepasnya oli yang dipanaskan tersebut. Lakukan secar rutin.

4. Membersihkan Korosi

Korosi bisa terjadi di bagian knalpot, dan jika hal tersebut terjadi maka knalpot harus segera dibersihkan.  Cara membersihkannya cukup mudah.  Bersihkan dengan sikat gigi yang diolesi detergen. Sikat  pada bagian yang berkarat atau bagian yang kotor. Kemudian bilas dengan air. Jika noda membandel, gunakan sikat kawat untuk mempermudah membersihkannya.

Pilihan Editor: Motor Mengeluarkan Asap? Ini Penyebab dan Tips Mengatasinya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi