Motor Mengeluarkan Asap? Ini Penyebab dan Tips Mengatasinya
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 28 September 2022 14:00 WIB
motorcycle-usa.com

GOOTO.COM, Jakarta - Kondisi asap yang keluar dari knalpot sepeda motor mungkin beberapa kali terlihat di jalan raya. Hal tersebut disebabkan oleh adanya gangguan di dalam komponen mesin.

Tentunya asap yang keluar dari motor membuat pengendara lain kemungkinan besar merasa tidak nyaman. Bukan hanya manusia, namun makhluk hidup lainnya juga bakal terganggu ekosistemnya.

Penyebab motor mengeluarkan asap juga cukup beragam dan bisa berkaitan dengan berbagai faktor. Berikut penyebab motor berasap serta tips mengatasinya, dilansir dari Suzuki hari ini, Rabu, 28 September 2022:

1. Silinder atau Liner Mesin Sudah Aus

Hal pertama yang bisa menyebabkan motor mengeluarkan asap karena silinder atau liner mesin sudah dalam keadaan aus. Kondisi ini akan membuat oli mengalir ke dalam ruang bakar, sehingga bisa memunculkan asap. Untuk mengatasi keausan pada silinder motor adalah dengan melakukan bore up.

2. Batang Katup Mengalami Pembengkokan

Batang katup yang mengalami pembengkokan akan mengakibatkan komponen klem dan cam tidak bisa terpasang pada posisi center yang seharusnya. Hal tersebut akan memperbesar kemungkinan oli mengalir ke dalam manifold, yaitu bagian yang terhubung secara langsung dengan ruang bakar. Cara mengatasinya adalah melakukan penggantian sparepart dengan yang baru.

3. Ring Piston Sudah Aus

Fungsi ring piston untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang pembakaran. Ring piston yang aus akan menimbulkan celah dalam saluran mesin motor, sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar. Hal itu membuat motor mengeluarkan asap berwarna putih. Cara mengatasinya adalah mengganti ring piston dengan yang baru.

4. Seal Katup Mengalami Kebocoran

Kebocoran seal katup dapat terjadi karena pemakaian motor yang sudah dalam jangka waktu lama. Motor yang sudah lama digunakan, lambat laun seal katupnya akan mengalami pengurangan kerapatan. Untuk mengetahuinya, pergi ke bengkel resmi lalu lakukan pengecekan komponen seal katup. Jika seal katup menjadi penyebab keluarnya asap maka dapat segera dilakukan penggantian.

5. Kondisi Oli Mesin Encer

Kondisi oli motor yang sudah encer tersebut juga bisa disebabkan karena tidak pernah dilakukan penggantian. Oli motor yang terlalu encer akan lebih mudah masuk ke ruang pembakaran, lalu mengakibatkan motor mengeluarkan asap. Cara mengatasinya adalah mengganti oli motor dengan yang baru. Lakukan penggantian oli motor setiap 2 bulan sekali atau ketika sudah mencapai jarak 1500 kilometer.

6. Penggunaan Bahan Bakar

Pemilihan bahan bakar harus disesuaikan dengan karakteristik mesin supaya kinerjanya bisa lebih halus dan tidak mengeluarkan asap. Dengan kata lain, Anda hanya boleh menggunakan jenis BBM yang direkomendasikan oleh produsen.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi motor mengeluarkan asap. Maka dari itu, lakukan servis rutin pada kendaraan Anda jika tidak ingin hal tersebut terjadi pada motor Anda.

Baca Juga: New Honda Vario 125 Resmi Hadir, Dijual Mulai dari Rp 22 Jutaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Motor
#Asap
#Tips
#Sepeda Motor
#Knalpot

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi