Apa Bedanya Mengendarai Mobil Listrik dengan Mobil Konvensional? Simak Caranya
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 26 September 2022 13:00 WIB
Ilustrasi pengisian daya mobil listrik. shutterstock.com

GOOTO.COM, Jakarta - Saat ini mobil listrik mulai menjadi perhatian di dunia otomotif. Tak heran jika saat ini produsen mobil mulai giat untuk merancang dan mengembangkan kendaraan listrik.

Karena saat ini mobil listrik dianggap sebagai solusi dari permasalahan lingkungan dan kenaikan harga BBM. Terlebih mobil elektrifikasi memiliki daya tarik dengan kesan canggih serta memiliki fitur terbaru. Akan tetapi apakah mengendarai mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional?

Sama seperti mobil konvensional, mobil listrik tergolong mudah untuk dikendarai. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan saat mengendarai mobil listrik, dikutip dari Momobil.id hari ini, Senin, 26 September 2022:

1. Menekan Tombol Start-Stop Untuk Menyalakan Mesin 

Pertama pengemudi perlu menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Cara menyalakannya mudah, yaitu menekan tombol start-stop sambil menginjak pedal rem. Mesin mobil listrik ketika dinyalakan tidak mengeluarkan suara atau getaran. Tanda mobil listrik sudah hidup bisa dilihat dari layar digital yang menyala. 

2. Lepas Rem Tangan atau Tombol Switch Rem 

Sebelum memindahkan transmisi dan melaju, pemilik kendaraan listrik perlu melepas rem tangan terlebih dahulu. Caranya Anda tinggal menurunkan tuas rem tangan, atau dengan menekan tombol rem parkir elektrik. Namun, perlu diingat bahwa pedal rem harus tetap diinjak saat melakukan hal ini agar mobil tidak bergerak.

3. Pindahkan Transmisi ke Posisi D

Setelah melepas rem tangan dan semua parameter sudah siap, maka pengemudi bisa melajukan mobil listrik. Geser tuas transmisi ke posisi D, atau tekan tombol transmisi pada posisi D agar kendaraan listrik ini dapat bergerak.

4. Hati-hati Saat Menginjak Pedal Gas

Ketika hendak melaju dengan mobil listrik, pengemudi harus berhati-hati. Mobil listrik tidak memiliki rasio transmisi, sehingga akselerasinya instan dan bisa berlari kencang dalam satu injakan. Maka dari itu, tekan pedal gas pelan-pelan agar lebih aman saat mengendarai mobil listrik.

Baca Juga: Penyebab Pertalite Lebih Boros dari Pertamax, Berikut Cara Membuktikannya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Mobil Listrik
#Kendaraan Listrik
#Tips
#Otomotif
#Elektrifikasi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi