5 Komponen Motor yang Wajib Dicek Saat Musim Hujan
Reporter: Hilman Haikhal Zainubi
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 12 September 2022 08:58 WIB
Warga mendorong sepeda motor yang mogok saat mencoba menerobos jalanan yang banjir akibat hujan lebat di Karachi, Pakistan 24 Juli 2022. Banjir bandang di Pakistan juga telah menghancurkan atau merusak hampir 9.000 rumah. REUTERS/Akhtar Soomro
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Saat musim hujan, ada hal yang patut Anda perhatikan sebagai pengendara. Hal ini terkait dengan beberapa komponen pada motor yang perlu dicek dan dirawat secara rutin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengingat saat ini sejumlah wilayah di Indonesia mulai rutin diguyur hujan. Tentunya kondisi tersebut cukup merepotkan pengendara sepeda motor. Selain harus hujan-hujanan, mereka juga diminta untuk peduli terhadap kesehatan motor.

Maka dari itu, redaksi Gooto.com akan merangkum beberapa bagian mesin motor yang wajib dicek saat musim hujan. Dilansir dari astramotor hari ini, Senin, 12 September 2022, berikut ulasannya:

1. Busi

Busi adalah salah satu bagian penting pada sepeda motor. Tanpa komponen ini, motor tidak akan bisa menyala. Rutinlah mengecek dan mengganti busi secara berkala. Jangan lupa juga untuk cek dan bersihkan tutup busi. 

2. Filter atau Saringan Udara

Filter berperan penting untuk menyaring debu dan kotoran agar tidak masuk ke mesin motor. Jika filter ini basah maka pembakaran di mesin akan terganggu. Hal ini menyebabkan performa motor berat dan kurang bertenaga.

Cara perawatannya cukup dengan melakukan pengecekan dan penggantian filter udara secara berkala. Serta hindari melewati banjir atau genangan air yang tinggi atau sampai menutupi filter udara.

3. Knalpot

Air atau lumpur yang berasal dari air hujan bisa saja masuk dan menempel di bagian dalam knalpot. Jika dibiarkan, knalpot akan menjadi kusam bahkan mengalami korosi atau karat. Maka dari itu, sebaiknya cek dan bersihkan knalpot agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan baik.

4. Lampu

Segera cek dan juga bersihkan semua mika lampu yang kotor setelah terkena air hujan atau lumpur, agar penerangan berfungsi secara optimal. Penerangan diketahui sangat penting untuk keselamatan dan ketertiban di jalan. Terlebih pada malam hari yang minim dengan pencahayaan.

5. Tutup Oli

Cek dan pastikan tutup oli sepeda motor Anda dalam kondisi terpasang dengan baik. Jangan lupa juga memperhatikan kondisi karet seal (O ring) pada tutup oli. Jika sudah menipis, sebaiknya lekas diganti dengan yang baru.

Itulah beberapa informasi mengenai komponen pada motor yang wajib dicek saat musim hujan. Pastikan selalu mengecek secara rutin agar berkendara menjadi nyaman dan aman.

Baca Juga:

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi