Makin Banyak Merek Motor Listrik Bikin Pabrik di Indonesia, Aismoli Bilang Begini
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 14 Mei 2024 07:00 WIB
Karyawan bekerja di jalur perakitan sepeda motor listrik di pabrik United E-Motor di Bogor, dekat Jakarta, 25 Agustus 2022. PT Terang Dunia Internusa (TDI) menghadirkan United E-Motor T1800 yang dibanderol Rp 27 juta dan untuk area Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi. REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Industri Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi mengungkapkan sudah banyak merek motor listrik yang berinvestasi membangun pabrik di Tanah Air. Bahkan, menurut dia di bulan ini sudah ada tiga pabrikan yang menggelar groundbreaking pembangunan pabriknya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Dua minggu yang lalu, saya di Semarang ada (pabrik) Pacific, setelah itu di Kendal ada Sunra itu 10 hektar, dan sekarang Yadea di Karawang itu cukup besar juga," kata Budi saat ditemui dalam seremoni Groundbreaking Pabrik Yadea di Karawang, Senin, 13 Mei 2024.

Menurut Budi, dengan bertambahnya investasi pabrik ini, diharapkan dapat meningkatkan perkembangan motor listrik di Indonesia. Terlebih, pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mendorong percepatan penggunaan sepeda motor listrik ini.

"Memang pemerintah juga secara policy sangat memprioritaskan, di mana lahirnya ada Perpres 55/2019, Inpres No 7 Tahun 2022, yang mana Inpres No 7 ini mengharuskan pemerintah menggunakan motor atau mobil listrik untuk kendaraan dinas atau pribadi. Kalau pemerintah sudah menggunakan motor listrik atau mobil listrik, tentunya masyarakat akan mencontoh terhadap penggunaan itu," ucap Budi menjelaskan.

Dia juga berharap dalam waktu dekat ini instansi pemerintahan, seperti kementerian, pemerintah provinsi, hingga pemerintah kabupaten/kota sudah bisa menggunakan motor listrik sebagai kendaraan dinasnya. Budi menuturkan sudah ada beberapa kementerian yang mulai menggunakan motor listrik sebagai kendaraan dinas, yakni Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN.

"Bahkan dalam waktu dekat, kemarin baru rapat saya dengan PT ASDP, akan membangun satu Green Park, pertama kali di Indonesia itu akan dibangun di Pelabuhan Merak, Agustus rencana kami akan launching itu, di Merak-Bakauheni, jadi semua sepeda motor yang di dalam kawasan pelabuhan itu akan menggunakan motor listrik," ujarnya memungkasi.

Pilihan Editor: Jorge Martin Juara MotoGP Prancis, Rider Pertamina Enduro VR46 Racing Team Jatuh

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi